KPU siapkan Skenario Pencoblosan Pasien Covid-19 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

KPU siapkan Skenario Pencoblosan Pasien Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Pasien Covid-19 tetap bisa menyalurkan hak pilihnya di Pilkada serentak. Mereka akan diperlakukan berbeda saat pencoblosan, dibanding warga tak terpapar virus. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan skenario pemungutan suara buat mereka, sehingga tidak menyebarkan virus itu.

Anggota KPU Sultra Iwan Rompo mengatakan, ada beberapa cara yang dilakukan penyelenggara terhadap pasien Covid-19 dalam melakukan pencoblosan. Dinas Kesehatan akan dilibatkan, mendatangi rumah pasien yang melakukan isolasi mandiri. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tim pendampingan dari keluarga pasien juga diikusertakan.

Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sultra, Iwan Rompo Banne

“Sebelum hari H pemungutan suara, pihak keluarga harus melapor terlebih dahulu, menyampaikan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bahwa si A positif Covid-19. Sehingga tidak memungkinkan melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bersangkutan,” ungkapnya, Rabu (18/11).

Dari informasi itu, kata dia, dua petugas KPPS membawa surat dan kotak suara, ditemani panwascam dan saksi, juga petugas medis. Kedua, kata dia, apabila pasien melakukan isolasi di hotel atau di rumah sakit, maka perlakuannya sama yaitu bakal didatangi oleh dua petugas KPPS, panwascam serta saksi. Catatannya, tempat perawatannya berada dalam lingkungan daerah pemilihan (Dapil) pasien. Jika dirawat diluar Dapil, maka yang bersangkutan akan kehilangan hak pilih. Karena tidak mungkin, KPU melayani peserta pemilih yang berada diluar dapil.

“Misalnya, pasien covid-19 dengan Dapil Butur, namun dirawat di Rumah Sakit Bahteramas Kendari. Maka ketentuan yang diatur dalam perundang-undangan, pasien tersebut tidak dapat menyalurkan hak pilihnya. Karena tidak berada dalam area Dapil. Yang bisa memilih, harus berada di area Dapil,” tandas Iwan Rompo. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy