KPU Pastikan Logistik Pilkada Sudah Siap – Kendari Pos
Nasional

KPU Pastikan Logistik Pilkada Sudah Siap


KENDARIPOS.CO.ID — Kampiun pilkada ditentukan 10 hari lagi. 9 Desember nanti, nasib para petarung di tujuh Pilkada serentak di tangan pemilih. Menang dan kalah. Kesiapan pemungutan dan penghitungan suara dimatangkan KPU daerah sejak beberapa hari ini. KPU sibuk mengatur logistik pemungutan suara. Surat suara disortir. Yang rusak diganti. Itu dilakukan untuk memastikan dari potensi menyerupai coblosan demi terwujudnya Pilkada bersih.

Staf KPU Konkep sibuk melipat dan menyortir spesimen surat suara untuk memastikan layak digunakan dalam pemungutan suara Pilkada. Tampak personel polisi mengawasi proses sortir dan lipat suara Pilkada Konkep.

KPU juga memastikan logistik lainnya sudah siap seperti kotak, bilik suara, alat coblos, dan tinta.
Di Kabupaten Buton Utara, KPU disibukkan menyortir surat suara untuk memastikan baik atau ada yang rusak. Ketua KPU Butur, Hasruddin mengatakan sortir dilakukan untuk memastikan foto paslon di surat suara jelas. Selain itu, harus dipastikan tak ada bercak di surat suara, apalagi bercak yang menyerupai coblosan. “Termasuk memastikan potongan surat suara harus simetris. Kami juga akan menghitung kembali dan setelah kondisinya baik maka akan dilipat,” ujar Hasruddin kepada Kendari Pos, kemarin.

KPU Muna sedang menyortir logistik pemungutan suara sebelum didistribusikan ke penyelenggara tingkat kecamatan dan desa.
Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan logistik tersebut meliputi surat suara sebanyak 148.901 lembar, 475 kotak suara, 1.636 bilik suara, 818 tinta, 10.401 segel, 2.652 kabel ties, 409 lembar daftar paslon, 409 formulir C plano KWK berhologram dan sampul. “Pengadaan logistik itu dilakukan melalui e-katalog.
Logistik yang sudah tiba, langsung disortir,” kata Kubais kepada Kendari Pos, kemarin.

Untuk surat suara, menurut Kubais sesuai dengan PKPU 18 tahun 2020 pasal 20 terdiri dari surat suara sesuai jumlah DPT Pilkada Muna, surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT dan surat suara cadangan untuk persiapan jika terjadi pemungutan suara ulang. “Rinciannya 143.128 lembar surat suara DPT, 3.578 lembar surat suara cadangan dan sekitar 2.000 lembar surat suara persiapan jika ada PSU,” jelasnya.

Sebagian logistik yang sudah tiba antara lain surat suara, bilik suara, kotak suara, tinta, segel, kabel ties dan daftar paslon. Sedangkan logistik yang dalam perjalanan ialah formulir C plano KWK berhologram dan sampul.

Komisioner KPU Muna, Nggasri Faeda menerangkan proses penyortiran surat suara dan logistik lainnya saat ini sedang dilakukan oleh lembaganya. Belum dapat dipastikan berapa jumlah logistik tidak layak dan logistik yang layak pakai. Logistik itu juga akan didistribusikan setelah formulir dan sampul tiba di Raha. “Distribusinya akan dikoordinasikan dengan Kepolisian. Rencananya mulai tanggal 6 sampai 8 Desember,” imbuhnya.

KPU Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pun sudah bergerak menyiapkan semua kebutuhan logistik. Kecamatan terjauh menjadi prioritas distribusi pertama. Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan pihaknya sudah menerima logistik dari pihak rekanan. Jumlah surat suara 83.984 lembar plus 2,5 persen cadangan dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan surat suara jika terjadi pemungutan suara ulang (PSU).

Saat ini, KPU menyortir surat suara untuk memastikan tak ada kerusakan. Selanjutnya melipat surat suara sebelum didistribusi ke penyelenggara pemungutan suara ditingkat bawah. “Pokoknya kita estimasi mulai pendistribusian logistik tanggal 5-8 Desember 2020, tuntas sampai ke titik TPS. Titik distribusi awal, kami prioritaskan kecamatan terjauh yakni Kecamatan Uesi, Uluiwoi dan kecamatan lainnya. Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada tidak ada kendala, aman dan damai,” kata Suprihaty Prawaty Nengtias, kemarin.

Logistik pemungutan suara sudah diterima KPU Konawe Kepulauan (Konkep). Petugas sedang tengah menyortir dan melipat sekira 26.000 lebih surat suara. Sebanyak 15 personel staf KPU dilibatkan. Koordinator Divisi Teknis KPU Konkep, Badran mengatakan, pelipatan dan penyortiran surat suara dimaksimalkan tuntas sesuai jadwal. Sortir surat suara dalam pengawasan Bawaslu Konkep dan personel Polres Kendari.

“Sortir ini untuk memisahkan surat suara yang baik dan rusak. Ketika ada surat suara rusak, kami akan pisahkan. Yagn rusak kita minta ganti (dari rekanan pengadaan surat suara,red),” kata Badran kepada Kendari Pos, kemarin.

Pantauan Kendari Pos, lokasi pelipatan spesimen surat suara tersebut dijaga ketat aparat kepolisian dari Polres Kendari dan Bawaslu Konkep. Personel pelipat surat suara diminta melepas asesoris seperti cincin dan gelang. Itu dilakukan agar surat suara tidak mengalami kerusakan saat dilipat. “Setelah pelipatan surat suara selesai, kami akan merakit bilik dan kotak suara hari ini,” ungkap Badran.

Kata Badran, plano akan dikirim dari Kudus Jawa Tengah ke Konkep pada 29 November 2020. “Yang jelasnya logistik Pilkada Konkep, semua kami pastikan aman,” tandasnya. (had/ode/kus/san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy