Konsep Pemerataan Guru di Sultra Segera Diterapkan – Kendari Pos
Edukasi

Konsep Pemerataan Guru di Sultra Segera Diterapkan

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra, Syaiful


KENDARIPOS.CO.ID— Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra terus melakukan berbagai terobosan penting, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya, merancang pemetaan dan pemerataan guru. Teknisnya akan diatur dalam aplikasi. Rencana aplikasi itu tuntas bulan ini. Sehingga, pemetaan dan pemerataan guru bisa segera diberlakukan.

Hal ini dilakukan, sebagai upaya meningkatkan akses layanan pendidikan. Serta mempermudah guru dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra, Syaiful mengungkapkan, terobosan seperti ini penting dilakukan di masa sekarang. Ini demi meningkatkan kualitas pendidikan di Sultra.

“Kami targetkan, di minggu ketiga bulan November, aplikasi pemetaan dan pemerataan guru selesai. Hal ini supaya memudahkan guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Karena, tujuan program ini untuk lebih mendekatkan rumah guru dan sekolah tempat mengajarnya. Sekaligus meratakan tenaga pengajar di seluruh pelosok Sultra. Diharapkan, lewat cara ini, kualitas pendidikan bisa merata secara keseluruhan,” ungkap Syaiful kepada Kendari Pos, Rabu (18/11).

Setelah aplikasi rampung di bulan November, lanjut dia, pastinya masih banyak persiapan perlu dilakukan, supaya bisa mengoperasikan aplikasi ini secara permanen. Terutama dalam proses data administrasi, semua guru yang ada di Sultra. “Pastinya untuk mendukung aplikasi pemetaan dan pemerataan, kami butuhkan data-data yang konkrit dari semua guru. Seperti tempat tinggal, tempat mengajar, serta rekam jejaknya. Ini yang akan coba juga kami usahakan. Insyaallah, ditargetkan awal bulan Desember harus sudah selesai. Sekaligus pengenalan di berbagai sekolah mengenai aplikasi ini,” terangnya.

Lanjut dia, kalau berjalan normal, awal bulan depan sudah bisa diterapkan. Sebab, aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan kinerja tenaga pengajar. Hanya saja, ada beberapa pertimbangan yang harus segera dituntaskan. Misalnya, soal landasan hukumnya harus falid, serta berbagai hal lainnya. “Jika semua sudah lengkap, maka aplikasi pemetaan dan pemerataan guru siap untuk digunakan. Sehingga, ke depannya akses layanan pendidikan jadi lebih mudah,” pungkasnya. (c/ilw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy