Ketua KONI Sultra, Agista Ariany Komitmen Memajukan Olahraga – Kendari Pos
Olahraga

Ketua KONI Sultra, Agista Ariany Komitmen Memajukan Olahraga

Ki-ka: Biro Direksi Kendari Pos Sawaluddin Lakawa, Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi, Ketua KONI Sultra Agista Ariany, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin, Wadir Bisnis & Keuangan Kendari Pos Agus Tranhadi foto bersama usai bincang pagi di kanal YouTube Kendari Pos, Senin (23/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Usai meruntuhkan hegemoni pria dalam suksesi kepemimpinan Komite Olahraga Nasional (KONI) Sultra, Agista Ariany bergerak cepat membenahi organisasi. Ada asa akan kemajuan dan kejayaan olahraga lahir dari polesan tangan dingin Agista Ariany sebagai Ketua KONI Sultra. Keyakinan itu berangkat dari komitmen seorang Agista yang bertekad membangun infrastruktur olahraga yang lebih memadai.

Dalam pandangan Agista Ariany, kondisi infrastruktur olahraga di Sultra saat ini masih minim. Kondisi itu jelas memengaruhi kualitas atlet pada semua cabang olahraga. Menurutnya pembangunan fasilitas penunjang olahraga dan atlet untuk berlatih sangat penting dan mendesak.
“Sarana olahraga tentu menjadi prioritas. Misalnya, stadion, sirkuit balap dan lainnya. Ini untuk mendukung atlet berlatih maksimal,” ujar Agista Ariany saat menjadi pembicara dalam program Bincang Pagi Kendari Pos Channel di lantai II Graha Pena Kendari Pos, Senin (23/11).

Agista meyakini jika atlet dan pelatih didukung fasilitas olahraga memadai, akan menstimulasi peningkatan skill, sehingga kian kompetitif ketika berlaga diberbagai gelanggang turnamen, baik skala lokal maupun nasional. Apalagi dalam rangka menghadapi even Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2021 di Papua. Persiapan matang dari hulu hingga hilir harus diperkuat.

“Selain itu, aspek kesejahteraan atlet potensial dan berprestasi menjadi perhatian serius kami. Apabila hal itu diperhatikan, saya yakin mereka lebih semangat berlatih dan meraih prestasi besar. Banyak kejadian, karena kurangnya perhatian pemerintah, akhirnya pindah mewakili daerah lain yang lebih mengerti, dan perhatian terhadap atlet. Ini tidak boleh terjadi di Sultra. Kita harus jaga baik-baik para atlet,” kata Agista Ariyani

Program utama KONI, kata Agista, yakni sport science, sport tourism, dan sport industry. Intisari dari ketiga misi tersebut yakni menjadikan olahraga bisa berkontribusi pada semua aspek dalam bidang kehidupan. Bukan hanya menjadikan olahraga sebagai sarana kebugaran tubuh, ajang pertandingan, namun lebih dari itu. Misalnya sport tourism, olahraga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat menstimulasi pendapatannya, termasuk bagi daerah.

Banyak negara di dunia menyediakan paket wisata sekaligus paket olahraga dalam satu waktu, seperti Thailand yang memanfaatkan kekayaan alamnya sebagai destinasi wisata sekaligus tempat untuk berolahraga. Manfaatnya, devisa negara meningkat, banyak turis yang datang dan ekonomi masyarakat stabil.

“Dengan kekayaan alam di Sultra, harus dibuat paket wisata olahraga yang mendatangkan keuntungan seperti halnya di Thailand. Sehingga kehadiran olahraga di tengah masyarakat, benar-benar dirasakan manfaatnya secara utuh,” beber Agista Ariyani.

Ketua TP PKK Sultra itu menjelaskan membangun paradigma baru, bahwa menjadi olahragawan ataupun atlet membutuhkan knowledge (sport science). Karena tidak selamanya ketika bertanding hanya mengandalkan keterampilan semata. Sangat urgen seorang atlet punya kecerdasan yang tinggi agar bisa menciptkan strategi jitu ketika bertanding. Sehingga dapat meraih juara dengan baik.

“Tidak sedikit, atlet potensial hanya terlihat fisiknya saja yang bagus, namun kecerdasan intelegensi dan personality-nya tak terasah. Karena itu adanya sport science untuk meningkatkan kemampuan atlet mesti didorong maksimal,” imbuh Ketua Dekranasda Sultra itu.

Pada sisi lain, olahraga juga tidak lepas dari kebutuhan industri atau jasa. Sebuah cabang olahraga pasti membutuhkan seragam, peralatan bermain, dan lain sebagainya. “Melalui sport industry, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menciptakan karya kreatif bertema olahraga. Outputnya dapat mendatangkan keuntungan ekonomi,” tandas Agista Ariyani.

Sementara itu, Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin menyampaikan dukungan Kendari Pos terhadap atas program gemilang Agista Ariyani dalam memajukan olahraga di Sultra. Kendari Pos siap bersinergi dalam ranah publikasi di tengah masyarakat. “Publikasi kerja pemerintah sangat penting. Agar masyarakat senantiasa update mengenai progres pembangunan yang sedang dihelat. Selain itu bentuk transparansi,” kata Irwan Zainuddin.

Dirut Irwan Zainuddin juga menjelaskan keomitmen Kendari Pos yang selalu siap beradaptasi dengan perubahan zaman. Kendari Pos senantiasa berkembang sesuai kemajuan teknologi informasi. Di era digital saat ini, Kendari Pos hadir dengan desain konvergensi media. Kendari Pos ditopang oleh media online kendaripos.co.id, kendarinews.com, Kendari Pos Update, e-koran dan Kendari Pos Channel.

“Semua itu adalah inovasi kami. Lima platform berbeda itu hadir untuk menjawab tantangan media massa di era digital saat ini. Namun core-nya tetap pada koran Kendari Pos. Konvergensi media ini sebagai komplementer,” jelas Irwan Zainuddin. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy