Kery Target Konawe Zero Pengangguran – Kendari Pos
Konawe

Kery Target Konawe Zero Pengangguran

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa purna tugas untuk periode kedua kepemimpinannya pada tahun 2023. Masih ada waktu tiga tahun menuntaskan program kerja. Salah satunya pengentasan angka pengangguran. Dalam waktu tiga tahun, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menargetkan wilayahnya bebas dari pengangguran.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

Berbagai kebijakan pun dilakukan untuk mewujudkan target mulia tersebut. Diantaranya, optimalisasi beberapa sektor yang dianggap bisa menekan jumlah pengangguran di Konawe seperti Kawasan Industri Konawe (KIK). Termasuk, memaksimalkan sektor produktif yakni pertanian.

Bupati Konawe Kery S Konggoasa meyakini, jika dua sektor itu dioptimalkan dengan baik, masalah pengangguran di Konawe bisa segera teratasi. Bahkan untuk tahun 2020 ini, dirinya begitu optimistis angka pengangguran di Konawe bisa turun hingga 2,5 persen.
“Dengan adanya KIK, angka pengangguran Konawe akan menurun. Saat ini, angka pengangguran mencapai 3,09 persen. Namun, itu akan menurun dengan adanya penerimaan karyawan tambang di Kecamatan Morosi tahun ini. Sebab, perekrutan dilakukan secara besar-besaran dan memprioritaskan tenaga kerja lokal Konawe,” ujar Bupati Konawe dua periode itu kepada Kendari Pos, Selasa (10/11) kemarin.

Tak sampai di situ, dalam rangka mewujudkan zero (nol) pengangguran di Konawe pada tahun 2021, Bupati Konawe Kery S Konggoasa berencana membuka kawasan investasi baru di Kecamatan Routa. Bahkan dirinya menyebut kawasan industri di Routa bakal menjadi yang terbesar di Indonesia. Kery menyebut, nantinya investor dari negara Tiongkok bakal membuka pabrik pembuatan litium di wilayah tersebut. Sayangnya, Kery S.Konggoasa belum mau mengemukakan berapa besar nilai investasi yang bakal dibuka di Kecamatan Routa.

“Itu juga pasti akan mengurangi jumlah pengangguran di Konawe. Saya target sebelum masa jabatan sebagai Bupati Konawe berakhir, industri di Routa sudah harus berdiri,” ungkap Kery S.Konggoasa

Sebagai langkah awal, lanjut Kery, pemerintah kabupaten (pemkab) akan mengubah rencana tata ruang wilayah (RTRW) Konawe. Sebab, saat ini status Kecamatan Routa masih merupakan kawasan perkebunan dan harus direvisi terlebih dahulu menjadi kawasan industri.

“Saya sudah perintahkan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe untuk mengubah RTRW tersebut. Sekarang lagi bergulir di legislatif. Intinya, pemerintah akan terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat,” tandas mantan Ketua DPRD Konawe itu. (adi/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy