Kery Serahkan Beasiswa Konawe Cerdas – Kendari Pos
Konawe

Kery Serahkan Beasiswa Konawe Cerdas


–Rp 125 Juta untuk 60 Mahasiswa Universitas Lakidende
KENDARIPOS.CO.ID — Sektor pendidikan adalah salah satu prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Dari aspek tersebut, duet Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, merancang berbagai instrumen dalam menggenjot kemajuan pendidikan di daerah berjuluk lumbung beras Sultra itu.

Kery Serahkan Beasiswa Konawe Cerdas

Adalah beasiswa Konawe Cerdas salah satunya. Program perwujudan visi misi Konawe Gemilang 2018-2023 di sektor pendidikan tersebut, kini direalisasikan. Lewat program itu, Pemkab menyerahkan beasiswa sebesar Rp 125 juta untuk membantu proses studi mahasiswa di Universitas Lakidende (Unilaki), Rabu (4/11) kemarin.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa secara simbolis menyerahkan bantuan beasiswa Konawe Cerdas kepada Rektor Unilaki, Prof.Dr.Hj. Rostin., SE.,MS. Bupati Konawe, Kery mengatakan, beasiswa yang diserahkan merupakan wujud perhatian pemkab dalam mendukung pengembangan SDM. Lebih tepatnya, dalam membantu mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Lakidende.

Bupati Konawe dua periode itu berjanji bantuan beasiswa Konawe Cerdas akan akan kembali diberikan tahun depan kepada mahasiswa Unilaki, namun disesuaikan dengan ketersediaan anggaran daerah. “Ini baru kali pertama kita berikan beasiswa. Kalau memungkinkan, kita tetap bantu lagi tahun depan. Harapan kita, beasiswa ini bisa menciptakan manusia-manusia berkualitas,” ujar Kery Saiful Konggoasa, usai menyerahkan bantuan beasiswa kepada Rektor Unilaki Prof.Dr.Hj. Rostin.,SE.,MS di kantor Bupati Konawe, kemarin.

Bupati Kery S Konggoasa menuturkan, saat ini sudah ada Undang-Undang (UU) yang membolehkan pemerintah daerah dalam kaitannya pemberian bantuan kepada pihak kampus, khususnya dalam hal bantuan pendanaan. Payung hukumnya yakni UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Dalam aturan itu disebutkan, perguruan tinggi dapat memperoleh sumber dana dari masyarakat yang pengelolaannya dilakukan berdasar prinsip akuntabilitas publik.

“Jadi kita sudah bisa bantu pihak kampus. Kita terus akan menjalin komunikasi dengan baik. Akan tetapi, kampus itu juga jangan terlalu dibawa ke ranah politik. Sebagai pemimpin, memang sudah tugas kami untuk memastikan apakah masyarakat itu sudah makan, sudah sehat serta berpendidikan. Kalau tiga hal pokok ini kita selesaikan, amanlah semua,” ungkap Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi.

Sementara itu, Rektor Universitas Lakidende (Unilaki), Prof.Dr.Hj. Rostin.,SE.,MS menyebut, bantuan beasiswa sebesar Rp 125 juta dari Pemkab Konawe bakal diberikan kepada 60 mahasiswa. Kriteria penerimanya, yakni mahasiswa kurang mampu yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 2,75. Setiap mahasiswa bakal menerima bantuan dana yang sama yakni Rp.1,9 juta, disesuaikan dengan besaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di kampus tersebut.

Prof.Rostin menjamin bantuan tersebut bakal langsung diberikan kepada 60 mahasiswa Unilaki. Data penerimanya telah dikantongi pihak kampus sebelum bantuan beasiswa Konawe Cerdas itu diserahkan pemkab. “Daftarnya sudah ada, kita tinggal realisasikan. Kami dari pihak kampus mengucapkan terima kasih kepada Bupati Konawe. Dengan bantuan ini, kita harap bisa meringankan beban mahasiswa,” harap Rektor Unilaki Prof. Rostin didampingi Wakil Rektor (WR) II Bidang Keuangan Dr. Suharjo dan Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan, Abdul Rahman.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy