Kepala Daerah se-Sultra Kolaborasi Selamatkan Aset Daerah – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kepala Daerah se-Sultra Kolaborasi Selamatkan Aset Daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala daerah di Sultra kompak. Gubernur Sultra, bupati dan wali kota se-Sultra bersekutu menyelamatkan aset daerah. Kolaborasi penyelamatan aset itu berupa sertifikasi tanah pemda dan negara sebagai upaya pencegahan korupsi. Bahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi menggandeng lembaga vertikal, BPN Sultra, kantor pertanahan kabupaten dan kota se-Sultra. Di sisi lain, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir sukses menyelamatkan aset dengan sertifikasi 77 bidang tanah milik Pemkot.

Gubernur Sultra, Ali Mazi membentuk tim terpadu yang akan menata tanah milik pemerintah daerah dan negara. Legal standing pembentukan tim terpadu itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 67 Tahun 2020 tentang pembentukan tim terpadu percepatan sertifikasi tanah milik pemerintah Provinsi Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, permasalahan aset-aset milik Pemprov Sultra ini sesungguhnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Permasalahan tersebut adalah aset yang dikuasai atau digugat pihak lain. Adapula aset kendaraan dinas, rumah dinas, ataupun aset daerah lainnya yang dikuasai oleh pensiunan ataupun pihak ketiga.

“Bahkan ada pula tanah dan kendaraan dinas yang tidak didukung dengan bukti kepemilikan serta masih ada aset pemda yang tidak diketahui lagi keberadaannya. Ini tentu yang perlu kita benahi tata kelolanya,” ujar Gubernur Ali Mazi saat membuka rapat koordinasi perbaikan tata kelola aset dan penyerahan sertifikat aset PT.PLN (Persero), Kementerian PUPR, dan pemerintah daerah di wilayah Provinsi Sultra di Hotel Claro, Kamis(12/11).

Gubernur Ali Mazi menjelaskan tim terpadu percepatan sertifikasi tanah milik Pemprov Sultra ini tidak terlepas dari arahan Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK. “Berdasarkan data Pemprov Sultra, saat ini Pemprov memiliki aset tanah sebanyak 1.241 bidang. Sebanyak 816 bidang telah bersertifikat. Sisanya, sebanyak 425 bidang belum memiliki sertifikat. Selain itu, masih terdapat lima aset tanah yang belum dimasukkan karena masih bermasalah dengan pihak ketiga,”beber Gubernur Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra itu menargetkan, seluruh aset tersebut segera dibuatkan sertifikat tahun ini. Sehingga tak ada lagi klaim-klaim dari pihak lain. “Tahun 2020 ini, kita targetkan pensertifikatan terhadap seluruh tanah milik pemprov yang belum bersertifikat,” kata Ali Mazi.

Selain aset tanah, Pemprov Sultra punya aset kendaraan dinas sebanyak 3.696 unit. Sayangnya masih ada ratusan unit kendaraan dinas itu dikuasai pihak yang tidak berhak. Rinciannya, sekira 175 kendaraan roda dua dan sembilan unit kendaraan roda. Pemprov juga memiliki 263 unit rumah dinas. Sekira 191 unit dikuasai pensiunan dan 72 unit digunakan pegawai aktif.

“Penanganan aset daerah yang bermasalah pada dasarnya merupakan bagian dari kebijakan daerah dalam upaya mengamankan aset-aset milik pemda. Penanganan aset bermasalah perlu mendapat perhatian secara khusus dan serius dari semua unsur terkait,” kata Gubernur Ali Mazi.

Dia menjelaskan, penertiban aset daerah yang dilakukan Pemprov Sultra, didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Pada Pasal 296 ayat (1) disebutkan, pengelola barang, pengguna barang, dan/atau kuasa pengguna barang wajib melakukan pengamanan barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya. “Selanjutnya, jelas pada ayat (2) menjelaskan bahwa pengamanan barang milik daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), meliputi pengamanan fisik, pengamanan administrasi, dan pengamanan hukum, ” pungkasnya.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengapresiasi pengamanan aset negara dengan sertifikasi tanah. Menurutnya, sertifikasi ini merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi dan penyalahgunaan aset negara.

“Kami menyampaikan apresiasi atas upaya meningkatkan capaian penyelamatan aset dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, serta menutup celah korupsi untuk mendukung tujuan nasional yang ada pada pembukaan UUD 1945,” tutur Alexander Marwata.

Dengan adanya sertifikat, akan menghadirkan kepastian hukum dan memberikan keamanan bagi aset negara. Selain itu, adanya sertifikat membuat aset bisa dikendalikan dan menghindari penyalahgunaan aset.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sukses menyelamatkan 77 aset tanah milik Pemkot Kendari. 77 bidang tanah itu berhasil disertifikatkan melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Sertifikat diserahkan langsung Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra melalui Gubernur Sultra Ali Mazi kepada Sulkarnain Kadir, kemarin di Hotel Claro Kendari, kemarin.

Wali Kota Sulkarnain Kadir mengatakan, penyelamatan sejumlah aset milik Pemkot baru memasuki tahap awal dan akan terus dilakukan hingga seluruh aset milik pemkot tersertifikasi. Sulkarnain menegaskan upaya yang dilakukannya menjadi salah satu upaya pencegahan korupsi dan penyalahgunaan aset daerah.

“Ke depan seluruh aset Kota Kendari bisa kita sertifikasi untuk mengamankan hak-hak milik pemerintah daerah sekaligus menertibkan sistem pengelolaan aset daerah dan Insya Allah akan dimanfaatkan secara optimal untuk kebutuhan masyarakat Kota Kendari,” kata Sulkarnain.

Untuk diketahui, rapat koordinasi perbaikan tata kelola aset di wilayah Provinsi Sultra dihadiri Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Surya Tjandra, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian Noervianto, dan perwakilan Irjen Kementerian PUPR, dan kepala daerah se-Sultra.

Sementara di jajaran Pemprov Sultra tampak Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Kajati Sultra Raden Febrytrianto, Sekda Provinsi Sultra, Hj.Nur Endang Abbas, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Kepala Kanwil BPN Sultra Kalvyn Andar Sembiring, dan sejumlah kepala OPD lingkup pemprov. (rah/ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy