Kapolri Idham Azis Dinilai Baik Menata SDM Polri – Kendari Pos
Nasional

Kapolri Idham Azis Dinilai Baik Menata SDM Polri


KENDARIPOS.CO.ID — Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menyambut positif kebijakan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, menata sumberdaya manusia (SDM) di tubuh Polri. Kebijakan kapolri dinilai dapat menghilangkan rasa frustasi para perwira menengah yang bertahun-tahun tak kunjung mendapat jabatan sesuai dengan pendidikan yang telah dicapai. “Kami melihat program kapolri ini sangat baik dan tentu saja banyak diapresiasi masyarakat dan disambut anggota Polri,” ujar Edi dalam keterangannya, Jumat (27/11).

Kapolri Jenderal Idham Azis

Menurut mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini, sudah sejak lama masalah penataan SDM dalam penempatan personel di tingkat Kombes dan AKBP terjadi penumpukan alias stagnan. “Sekitar 500 pamen tidak memiliki job, padahal sebagian besar mereka sudah menyelesaikan sekolah pimpinan (sespimti). Bahkan pada masa Kapolri jenderal Tito, muncul wacana para pamen ini agar ditempatkan di luar struktur Polri,” ucapnya. Namun, kebijakan itu menurut pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara ini, tetap tidak menyelesaikan masalah.

Bahkan, dari tahun ke tahun jumlahnya meningkat seiring dengan makin banyaknya pamen yang menyelesaikan sekolah perwira tinggi polri. “Bisa dibayangkan ketika para pamen ini menyelesaikan sekolah sespimti, justru mereka tidak mendapat job alias menganggur, sehingga melahirkan kekecewaan dan rasa frustasi. Kini, dengan kebijakan kapolri tersebut, tidak ada lagi yang non-job,” katanya.

Edi menegaskan, dengan kebijakan penataan SDM yang baik, maka semua personel Polri menempati jabatan fungsional sesuai kompetensi masing masing. Lemkapi secara khusus juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada polri yang terus fokus membangun sinergitas dengan TNI, serta fokus pada kegiatan kemanusian serta bakti sosial di masa pandemi Covid-19. “Rakyat bangga melihat Polri di bawah kepemimpinan Idham Azis. Kinerja Polri semakin profesional dan juga makin humanis di tengah tengah masyarakat,” pungkas Edi.(gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy