Jelang Coblosan, Warga di Muna Antusias Rekam KTP-el – Kendari Pos
Politik

Jelang Coblosan, Warga di Muna Antusias Rekam KTP-el


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna terus memaksimalkan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi masyarakat yang belum memiliki identitas tersebut. Dinas itu juga menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membuka pelayanan hingga ke kantor kecamatan.

Kadis Dukcapil Kabupaten Muna, La Ode Abdul Kadir memantau perekaman KTP-el, kemarin. Tiga pekan jelang coblosan, antusias warga meningkat.

Kadis Dukcapil Kabupaten Muna, La Ode Abdul Kadir menerangkan, animo pengurusan KTP-el jelang coblosan Pilkada 2020 terbilang meningkat. Sedikitnya, 500 keping KTP-el habis terpakai untuk percetakkan baru maupun penggantian blanko. Dinas sengaja menggandeng KPU agar masyarakat tidak sampai kehilangan hak memilih karena alasan belum tercatat dalam daftar pemilih tetap dan belum memiliki KTP- el.

“Sekarang KTP-el sudah jadi syarat untuk bisa memilih. Karena, saat ini sudah tidak bisa lagi menggunakan suket,” jelasnya.

Abdul Kadir menambahkan, selain menerima pelayanan di Dinas, petugas juga membuka perekaman dengan langsung berkunjung ke kantor-kantor kecamatan. Disdukcapil berkoordinasi dengan KPU, baik melalui panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara.
Saat ini, sudah ada beberapa kecamatan yang warganya telah melakukan perekaman. “Nanti semua kecamatan akan disambangi. Kami bersyukur karena KPU juga sangat proaktif. Lewat PPK dan PPS, mereka menyampaikan informasi perekaman kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Program dan Data KPU Muna, Yuliana Rita menerangkan, perekaman KTP-el ke kecamatan merupakan sinergi yang baik bersama Disdukcapil dalam rangka melindungi hak konstitusional masyarakat dalam menghadapi Pilkada 9 Desember 2020. Masyarakat diharapkan memaksimalkan kesempatan tersebut agar bisa memiliki KTP-el sebagai syarat memilih, jika tidak terdaftar dalam DPT Pilkada. Dirinya belum dapat memastikan jumlah wajib pilih belum memiliki KTP-el. Sebab, proses rekapitulasi masih berlangsung. Jumlah DPT Muna untuk Pilkada nanti mencapai 143.128 jiwa. “Kami sangat mendukung perekaman keliling, agar semua warga yang berhak tetap bisa memilih,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy