Jalan Rusak, Adukan Lewat Aplikasi Garbarata – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Jalan Rusak, Adukan Lewat Aplikasi Garbarata

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam berlalu lintas, tak jarang ditemui jalan yang rusak. Kondisi ini sangat membahayakan keselamatan pengendara yang melintas. Atas dasar itu, Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FFLAJ) Sultra menghadirkan aplikasi yang diberi nama Garbarata. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa menyampaikan aduan baik kerusakan jalan maupun masalah lalu lintas.

Ketua FFLAJ Sultra Hado Hasina (paling kanan) saat mendampingi Sekprov Sultra Nur Endang Abbas (kedua dari kanan), Kepala Balai Jalan XXI Kendari Yohanis Tulak Todingrara (paling kanan) dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae dalam peresmian JTK beberapa waktu lalu.

Ketua FFLAJ Sultra, Hado Hasina mengatakan aplikasi Garbarata telah dilaunching bulan Oktober lalu. “Mungkin selama ini masyarakat enggan atau bahkan kesulitan saat mengadukan permasalahannya. Nah, melalui aplikasi ini aduan bisa dilakukan kapan saja melalui aplikasi Garbarata. Aduannya pun akan langsung kami teruskan ke instansi terkait,” kata Hado Hasina kemarin.

“Misalnya kerusakan jalan berarti kita teruskan ke Dinas Bina Marga atau Balai Jalan, kemudian jika terjadi kecelakaan lalu lintas akan kita langsung teruskan ke satuan lalu lintas. Sudah fitur yang tersedia form aduannya. Sangat simpel tinggal diikuti instruksinya,” tambah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra ini.

Untuk mendapatkan aplikasi garbarata kata dia, caranya cukup mudah. Masyarakat cukup melakukan pengunduhan di Google Play Store. Ia mengingatkan kepada warga yang hendak mengadu agar tetap mematuhi petunjuk aplikasi seperti menginformasikan aduan yang tidak berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). “Jadi sebisa mungkin dihindari kata-kata yang berbau SARA. Aduannya hanya boleh yang berkaitan dengan jalan dan lalu lintas bukan yang lain,” tegasnya.

Sejak dilauncing, ia belum memastikan jumlah aduan yang masuk. Namun ia mengakui belum banyak lantaran masyarakat belum mengetahui. “Olehnya itu, kami terus lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat soal layanan ini. Mudah-mudahan dapat respon positif dari masyarakat. Tentunya, layanan ini juga outputnya untuk kepentingan kita bersama,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy