Irwan Zainuddin : Generasi Millennial Ujung Tombak Pelestarian Budaya – Kendari Pos
Nasional

Irwan Zainuddin : Generasi Millennial Ujung Tombak Pelestarian Budaya


KENDARIPOS.CO.ID — Gebyar pagelaran seni budaya berakhir. Kegiatan tahunan kolaborasi apik Kendari Pos dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra sukses digelar. Setiap peserta utusan sekolah menengah berlomba menampilkan yang terbaik. Pagelaran seni budaya bukan hanya sekadar kompetisi untuk menjadi juara, lebih dari itu, sebagai wahana pelestarian budaya Sultra.

Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin

Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemprov Sultra melalui Dikbud yang telah mendukung terselenggaranya pagelaran seni budaya tahun 2020. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dan penting dilaksanakan dalam rangka menumbahkan kecintaan generasi muda terhadap budaya Sultra sekaligus sebagai wujud nyata dalam merealisasikan visi dan misi Gubernur Sultra Ali Mazi yang tertuang dalam konsep Garbatara yakni mewujudkan Sultra Berbudaya dan Beriman.

“Pagelaran ini kami laksanakan sebagai wujud tanggungjawab sebagai generasi penerus bangsa, dan ditujukan kepada para kaum milenial sebagai ujung tombak pelestarian budaya Sultra. Ini tanggung jawab bersama kita semua untuk memelihara dan melestarikan akar seni budaya Sultra,” kata Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin, saat menutup pagelaran seni budaya di Graha Pena Hall Kendari Pos.

Dirut Irwan Zainuddin menegaskan, menjadi suatu kesyukuran tersendiri bagi Kendari Pos dan Dikbud Sultra yang sukses menggelar pagelaran di tengah pandemi Covid-19. Sebab kebudayaan daerah merupakan aset bangsa yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. “Pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol kesehatan. Kesehatan dan keselamatan peserta menjadi prioritas kami. Alhamdulillah, semua berjalan lancar, sehingga pandemi bukan jadi penghalang bagi kita untuk mengenali dan mencintai budaya, justru menjadi momentum untuk mencari alternatifnya,” kata Irwan Zainuddin.

Orang nomor satu di Harian Kendari Pos itu Irwan meyakini, melalui pagelaran seni budaya ini, generasi muda Sultra terpacu untuk berprestasi dan berkompetisi menjadi yang terbaik di era digitalisasi saat ini, di era yang sangat terbuka dan penuh persaingan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi filter dari gelombang arus budaya asing yang semakin terbuka dan masuk ke negara kita. Melalui pagelaran ini siswa diharapkan bisa bangga menjadi warga Sultra, yang penuh dengan kebudayaan dengan filosofi hidup yang sangat bermanfaat kedepannya. Semoga ini menjadi semangat kita bersama untuk melestarikan budaya yang ada di Sultra,” kata Irwan Zainuddin.

Terpisah, Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengapresiasi suksesnya pelaksanaan pagelaran seni budaya tahun ini. Sebab, bukan hal mudah menggelar kegiatan di tengah pandemi saat ini. “Kendari Pos berhasil melaksanakannya dengan mengedepankan keselamatan peserta didik melalui penerapan protokol kesehatan ketat,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, kemarin.

Meski waktu pelaksanaan sangat singkat, kata Asrun, setidaknya siswa yang berkompetisi bisa lebih mengenal budayanya melalui lomba bernuansa budaya daerah yang diiikutinya. “Selama pelaksanaan mereka saling berinteraksi, berlomba memperkenalkan budayanya kepada teman-temannya. Saya kira ini sangat baik untuk kelestarian budaya kita. Bahkan kalau perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Asrun Lio.

Asrun berharap, suksesnya pelaksanaan pagelaran seni budaya ini bisa menjadi kekuatan besar bagi para generasi muda di Sultra. “Insya Allah tahun depan kita akan laksanakan lagi. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita bisa laksanakan lebih variatif lagi. Melalui kegiatan seperti ini bisa menjadikan generasi milenial berbudaya dan berprestasi,” kata Asrun.

Adinda, salah seorang peserta lomba mengaku senang dan bangga bisa berpartisipasi dalam pagelaran seni budaya tahun ini. Menurutnya, kegiatan yang menyajikan lomba pidato bahasa daerah dan tarian kreasi daerah menjadi wadah generasi muda Sultra untuk mengenalkan budaya daerahnya masing-masing.

“Melalui pagelaran ini, saya bangga karena bisa tahu banyak soal budaya daerah lain. Seperti mengenal bahasa Muna dan Wakatobi, juga tariannya yang khas dan menarik. Mudah-mudahan tahun depan bisa diselenggarakan lagi supaya teman-teman yang lain juga bisa ikut berpartisipasi,” kata siswi asal SMAS Kartika itu. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy