HKN ke-56, Sulkarnain Minta Warga Terapkan Perilaku Hidup Sehat – Kendari Pos
Metro Kendari

HKN ke-56, Sulkarnain Minta Warga Terapkan Perilaku Hidup Sehat


KENDARIPOS.CO.ID — Penanganan pandemi Covid-19 bukan hanya urusan pemerintah. Insan kesehatan dan masyarakat punya tanggung jawab mereduksi serangan Covid-19. Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 sejatinya menjadi momentum menyatukan tekad bulat untuk melawan Covid-19 menuju Indonesia Sehat. Bukan hal mustahil, dari Kota Kendari menuju Indonesia Sehat akan terwujud.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (depan) senam sehat bersama tenaga kesehatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di pelataran Kantor Dinas Kesehatan Kota Kendari, Kamis (12/11) kemarin

Untuk itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir tak henti-hentinya menggaungkan upaya perlawanan terhadap pandemi Covid-19 kepada semua elemen di Kota Kendari. Sulkarnain Kadir meminta tenaga kesehatan (Nakes) menyatukan tekad melawan Covid yang telah merenggut korban jiwa.

“Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah mengubah perilaku masyarakat dengan mendorong upaya kesehatan promotif dan preventif. Misalnya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (physical distancing),” kata Sulkarnain Kadir saat menghadiri peringatan HKN di Kantor Dinas Kesehatan Kota Kendari, Kamis (12/11) kemarin.

Ketua DPD PKS Kota Kendari ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk tidak berputus asa, dan tidak menyerah dalam menjaga kesehatan diri demi mewujudkan Indonesia Sehat. “Jaga diri, keluarga dan masyarakat. Saya yakin masyarakat Kota Kendari bisa mandiri menjaga kesehatan dengan perilaku hidup sehat dan selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) demi menyelamatkan bangsa dari pandemi Covid-19,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Selain itu, Wali Kota Sulkarnain Kadir meminta kepada seluruh elemen kesehatan mulai dari Dinkes, Rumah Sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya agar membangun koordinasi dengan seluruh stakeholder maupun pihak swasta yang mau bekerja sama memerangi Covid-19. “Implementasinya harus melibatkan peran aktif lintas sektor, perguruan tinggi, ormas, swasta, termasuk media massa. Sehingga dapat membangun masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru ini,” ujar Sulkarnain.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari drg. Rachminingrum mengatakan, harus ada komitmen dan disiplin untuk memulai bahkan seterusnya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian. “Perubahan perilaku harus terus disosialisasikan, karena merubah kebiasaan suatu yang berat kalau tidak sungguh-sungguh dan punya komitmen yang kuat,” tuturya.

Sekedar informasi, peringatan HKN ke-56 ini dirangkaikan dengan senam sehat bersama serta pemeriksaan kebugaran dan kesehatan bagi para tenaga medis lingkup Dinas Kesehatan dan Puskesmas se- Kota Kendari.

Berdasarkan data kewaspadaan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kendari pukul 15.00 Wita Kamis (12/11) kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 tercatat sebanyak 2.834 kasus. Rinciannya, sebanyak 601 kasus masih dalam perawatan, 2.199 sembuh dan 34 pasien dinyatakan meninggal dunia. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy