Gubernur Hibahkan Gedung dan Lahan untuk Bawaslu RI – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gubernur Hibahkan Gedung dan Lahan untuk Bawaslu RI

KENDARIPOS.CO.ID — Gedung eks Inspektorat Provinsi Sultra resmi berpindah tangan. Kini menjadi milik Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sultra. Gubernur Sultra Ali Mazi menghibahkan aset Pemprov Sultra itu sebagai bentuk kontribusi dalam tugas-tugas pengawasan kepemiluan yang dilakukan Bawaslu. Hibah aset itu sekaligus sinergi Pemprov dan Bawaslu dalam meningkatkan indeks demokrasi di Sultra.

Indeks demokrasi akan mudah tercapai Bawaslu RI melalui perangkatnya Bawaslu Sultra dengan adanya dukungan fasilitas memadai. Salah satunya, gedung dan lahan 2.062,83 meter persegi yang dihibahkan.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan hibah gedung dan lahan Pemprov Sultra kepada Bawaslu merupakan bagian dari kebijakan daerah dalam mendukung pelaksanaan peran institusi penyelenggara negara di Sultra. Dukungan itu untuk optimalisasi tugas dan fungsi penyelenggara negara, terutama pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu, pemberian hibah ini merupakan salah satu upaya memperkuat sinergisitas dan meningkatkan harmonisasi gerak langkah antara pemerintah daerah dengan instansi vertikal dalam menjalankan program kegiatan pembangunan di daerah,” kata Gubernur Sultra Ali Mazi saat penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) atas tanah, bangunan, dan saluran sekunder milik Pemprov Sultra kepada Bawaslu Provinsi Sultra di Rujab Gubernur, Jumat (27/11) kemarin.

Gubernur Sultra dua periode itu menegaskan, setiap pemberian dan pelaksanaan hibah barang milik daerah wajib memperhatikan dan memedomani regulasi dan aturan yang berlaku.
“Mulai proses permohonan hibah, pengajuan persetujuan DPRD, penetapan melalui keputusan gubernur, penandatanganan naskah perjanjian hibah barang daerah, hingga ditindaklanjuti dengan berita acara serah terima barang dari pemberi hibah ke penerima hibah. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan persoalan hukum di kemudian hari,” ungkap Ali Mazi.

Regulasi yang mengatur pemberian hibah daerah adalah Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2020 tentang pengelolaan barang milik daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.

“Selaku gubernur, saya antusias dan bersyukur dengan ditandatanganinya NPHD ini. Saya selaku wakil pemerintah pusat harus bersinergi dengan pemerintah daerah, Bawaslu, TNI dan Polri dalam tugas-tugas bangsa dan negara,” jelas Gubernur.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro turut mengapresiasi dukungan Pemprov Sultra kepada Bawaslu dengan menghibahkan aset daerah. Hibat aset itu merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sultra kepada Bawaslu. “Sultra termasuk provinsi ke tiga dari 34 Provinsi yang memberikan hibah ke Bawaslu. Pertama Provinsi Sumatera Selatan dan kedua, Provinsi Gorontalo. Ini sebagai bukti Pemprov Sultra benar-benar mendukung tugas-tugas Bawaslu. Gubernur tahu betul sebagai instansi vertikal sarana prasarana Bawaslu belum cukup memadai, “bebernya.

Gunawan Suswantoro mengatakan kebijakan dan dukungan Gubernur Sultra Ali Mazi dapat menjadi teladan bagi pemerintah kabupaten dan kota di Sultra. “Saya berharap para bupati di Sultra bisa mencontoh gubernur dan memberikan hibah kepada Bawaslu kabupaten dan kota di daerahnya. Sebab Bawaslu kabupaten dan kota akan saling bersinergi ketika ada Pemilu dan Pilkada,” ungkapnya.

Upaya ini, kata Gunawan sebagai langkah sinergisitas dalam meningkatkan indeks demokrasi di daerah masing-masing. “Sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih, semoga fasilitas kantor yang diberikan dapat menambah semangat Bawaslu Provinsi Sultra dalam mendukung kerja-kerja pemerintahan,” pungkasnya.

Sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra turut menyaksikan kegiatan itu bersama dengan seluruh jajaran Bawaslu di Sultra dan Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu. (rah/b)

Aset Pindah Tangan
-Gubernur Sultra Ali Mazi mendukung kerja-kerja Bawaslu
-Gubernur menghibahkan gedung dan lahan kepada Bawaslu
-Kini gedung eks Inspektorat dan lahan jadi milik Bawaslu
-Gubernur dan Bawaslu melakukan penandatanganan NPHD kemarin
-Sinergi Pemprov dan Bawaslu diyakini meningkatkan indeks demokrasi
-Hibah itu sebagai mendukungan gubernur kepada penyelenggara negara di Sultra
-Sekaligus memperkuat sinergisitas Pemprov dan instansi vertikal dalam pembangunan daerah
-Agar tugas dan fungsi penyelenggara negara melayani masyarakat lebih optimal
-Sultra menjadi provinsi ketiga yang memberikan hibah ke Bawaslu

Dasar Hukum
-Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2020 tentang pengelolaan barang milik daerah
-Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah

Aset Pemprov
-Gedung eks inspektorat
-Lahan seluas 2.062,83 meter persegi
-Saluran sekunder

Mekanisme
-Permohonan hibah
-Pengajuan persetujuan DPRD
-Penetapan melalui keputusan gubernur
-Penandatanganan NPHD barang daerah
-Berita acara serah terima barang dari pemberi kepada penerima hibah
-Tujuannya agar tidak menimbulkan persoalan hukum

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy