Gubernur dan Forkopimda Tabur Bunga di Pusara Pahlawan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gubernur dan Forkopimda Tabur Bunga di Pusara Pahlawan

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat elemen bangsa dan daerah memeringati Hari Pahlawan 10 November kemarin. Meski tanpa upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan, momen mengenang jasa para pahlawan tetap dikenang dalam kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kota Kendari. Peringatan hari pahlawan sama halnya upaya merawat jiwa nasionalisme agar tetap terpatri kuat dalam diri anak bangsa.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya dan pimpinan
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya berziarah dan menabur bunga di atas pusara para pahlawan di TMP Watubangga. Jasa pahlawan yang terbaring dalam pusara maupun pahlawan tanpa pusara mesti dikenang sepanjang masa. Atas perjuangan dan pengorbanan mereka, generasi saat ini menikmati kemerdekaan Indonesia.

Gubernur Sultra, Ali Mazi menabur bunga di pusara pahlawan di TMP Watubangga dalam rangka Hari Pahlawan, Selasa (10/11) kemarin.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan peringatan Hari Pahlawan tahun ini dilakukan dengan ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan. Ziarah makam pahlawan merupakan bentuk pengormatan generasi bangsa terhadap jasa, perjuangan, pengorbanan jiwa dan raga mereka untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Gubernur Sultra Ali Mazi berharap agar kemerdekaan bangsa Indonesia diisi dengan berbagai macam pembangunan.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kita semua, masyarakat, anak bangsa untuk mengingat perjuangan orang-orang tua kita, para leluhur kita yang berjuang untuk banga kita. Tumbuhkan nilai-nilai nasionalisme dalam tubuh kita, dan dalam diri anak bangsa,” tutur Gubernur Sultra Ali Mazi usai tabur bunga, Selasa (10/11) kemarin.

Menurut politisi NasDem itu, para pahlawan yang gugur dalam perjuangan merupakan orang-orang yang luar biasa, sangat hebat, dan rela berkorban jiwa raga demi untuk bangsa dan negara yang diwariskan kepada anak cucu di masa mendatang. “Dengan perjuangan merekalah, hari ini dapat merasakan buah dari perjuangan mereka. Karenanya kita perlu mengenang perjuangan mereka, mendoakan agar mereka selalu mendapatkan rida dan ampunan dari Allah SWT,”kata Ali Mazi.

Selain itu, masyarakat Sultra mesti berbangga karena daerah ini memilik pahlawan nasional bernama Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo yang bergerilya melawan pemerintahan Hindia Belanda. Pengakuan Sultan Himayatuddin sebagai pahlawan nasional membuktikan bahwa Sultra ikut berkontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Kontribusi Sultra berjuang melawan kekuasaan Belanda ketika itu perlu beri penghargaan dan pensyukuran. Inilah yang harus diwariskan kepada para generasi kita bahwa kita mesti melanjutkan perjuangan mereka. Membangun daerah dan negara kita agar lebih baik dan lebih maju. Mari kita saling bergandengan tangan menjalankan tugas-tugas bersama masyarakat Sultra,” tegas Ali Mazi. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy