Gubernur dan DPRD Dorong Pemekaran Kepton, Lanyalla Mattalitti : Akan Saya Sampaikan ke Presiden – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gubernur dan DPRD Dorong Pemekaran Kepton, Lanyalla Mattalitti : Akan Saya Sampaikan ke Presiden


KENDARIPOS.CO.ID — Penghapusan 16 Rancangan Undang-Undang (RUU) dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020 menjadi peluang mendorong RUU pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) agar masuk dalam prolegnas prioritas tahun 2021. Gubernur Sultra Ali Mazi dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh kompak mendorong pemekaran Kepton ke DPD RI.

Gubernur Sultra Ali Mazi (kiri), Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti (tengah) dan Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh (kanan) dalam acara ramah tamah kunjungan kerja DPD di Rujab Gubernur Sultra, Kamis (19/11).

Saat ramah tamah dengan Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti semalam, Gubernur Ali Mazi mengaku siap bersinergi dalam pemikiran dan langkah-langkah strategis dengan DPD RI dalam mendorong percepatan pembahasan RUU daerah kepulauan bersama DPR RI dan pemerintah pusat. Sehingga diharapkan dapat mempercepat hadirnya UU tersebut, guna memperkuat landasan hukum pembangunan wilayah kepulauan.

“Kita berharap, nantinya dengan UU tersebut, pembangunan daerah-daerah kepulauan yang selama ini terkesan belum maksimal dapat lebih terfokus. Yang pada gilirannya pembangunan merata, berkemajuan, dan berkeadilan sosial bagi bagi seluruh wilayah dapat segera terwujud,”kata Gubernur Sultra Ali Mazi kepada Ketua DPD RI, Lanyalla Mattalitti dan empat anggota DPD RI Dapil Sultra dalam acara ramah tamah di Rujab Gubernur Sultra, Kamis (19/11) malam.

Selain itu, kata Ali Mazi, Pemprov Sultra bersama Forkopimda bakal mengajukan beberapa usulan yang mempunyai relevansi erat dalam mendukung lahirnya RUU Kepton. Usul yang dimaksud yakni pembentukan Korem baru di wilayah kepulauan Sultra sebagai cikal bakal terbentuknya Kodam di wilayah Sultra.

“Upaya ini dalam rangka pengamanan aset-aset strategis nasional. Khususnya sumberdaya alam dan industri strategis yang ada di Provinsi Sultra. Selain itu usulan pembentukan pangkalan utama TNI Angkatan Laut dan peningkatan status pangkalan TNI Angkatan Udara di Sultra. Mengingat provinsi Sultra yang berada pada lintasan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) yakni ALKI II dan ALKI III,”jelas Gubernur Ali Mazi.

Dia menambahkan, beragam usulan ini diharapkan mendapat dukungan penuh DPD RI, sebagai upaya langkah-langkah percepatan pembangunan wilayah Sultra. “Pada momentum ini secara khusus kami menyampaikan harapan besar agar langkah-langkah percepatan pembangunan daerah yang sedang dan hendak dilaksanakan ke depan mendapat dukungan DPD RI. Usulan-usulan yang kami minta semoga menjadi prioritas dalam pembahasan,” ungkap Gubernur Ali Mazi.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh menyampaikan dukungan maksimal atas usulan Gubernur Ali Mazi mengenai percepatan pembahasan RUU pemekaran Provinsi Kepton agar bisa lolos ke prolegnas.

“Dalam waktu dekat, kami akan buat surat untuk disampaikan ke pusat. Mengusulkan kepada DPR RI percepatan pembahasan RUU pemekaran Kepton. Sehingga harapan bisa masuk dalam prolegnas bisa terwujud,” ujar Abdurrahman Shaleh.

Sementara itu, Ketua DPD RI, Lanyalla Mattalitti mengapresiasi kemajuan daerah Provinsi Sultra yang tergolong pesat. Terlebih gubernurnya begitu aktif bekerja meningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur di Sultra. “Tentunya majunya Provinsi Sultra akan menjadi satu kemajuan Indonesia. Kami mengapresiasi kemajuan-kemajuan untuk Sultra. Segera menyiapkan aspirasi gubernur dan kabupaten kota lainnya untuk kami bahas bersama-sama. Bila perlu, nanti kami akan undang gubernur dan para menteri terkait untuk membicarakan masalah yang ada di Sultra terkhusus masalah RUU Kepulauan,” ungkapnya.

Lanyalla Mattalitti mengatakan di setiap wilayah, DPD punya perwakilan. Nantinya anggota DPD asal Dapil Sultra menampung semua aspirasi Gubernur Sultra dan disampaikan ke DPD RI.

“Termasuk usulan percepatan RUU pemekaran Provinsi Kepton akan saya sampaikan ke Presiden Jokowi. Saya yakin jika terus didorong apalagi banyak elemen yang menyuarakan hal ini. Pasti bakal diloloskan,” kata Lanyalla Mattalitti kepada Kendari Pos, Kamis (19/11).

Ke depan, kata dia, DPD akan memanggil Gubernur Sultra dan kementerian terkait untuk membahas percepatan pemekaran Provinsi Kepton. Cara tersebut bakal menguatkan langkah-langkah percepatan pembahasn RUU pemekaran Kepton agar masuk ke dalam Prolegnas. Apalagi di DPD RI ada empat senator asal Dapil Sultra, yakni Andi Nirwana Sebbu, Amirul Tamim, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan dan Dewa Putu Ardika Seputra. “Mereka ini tipikal pekerja keras dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap daerahnya,” tutup Lanyalla Mattalitti. (rah/ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy