Garda Terdepan Pembawa Misi, Sekda Sultra : Dinas Kominfo Harus Tebar “Virus” Inovasi – Kendari Pos
Nasional

Garda Terdepan Pembawa Misi, Sekda Sultra : Dinas Kominfo Harus Tebar “Virus” Inovasi


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) punya peran strategis. Program kerja dan keberhasilan pemerintah diketahui publik adalah kerja-kerja dari Diskominfo. Citra positif pemerintah di mata publik pun lahir dari polesan informasi Diskominfo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Nur Endang Abbas

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan Dinas Kominfo sebagai lembaga yang punya strategis mesti memiliki kemampuan mumpuni dalam mengelola komunikasi, pemberitaan dan informasi. “Nah ini semua harus kita kelola dengan baik agar terwujud harapan pemerintah bahwa Kominfo garda terdepan dalam memberikan informasi valid, akurat dan terpercaya kepada masyarakat. Jika tidak dikelola baik-baik maka akan menjadi bumerang bagi jajaran Diskominfo itu sendiri,” ujarnya saat membuka rakor Dinas Kominfo kabupaten dan kota se Sultra di Claro Hotel Kendari, Kamis (26/11) kemarin.

Nur Endang Abbas berharap rakor ini menjadi angin segar sekaligus injeksi baru buat Kominfo agar lebih baik lagi sebagai garda terdepan dalam membawa misi sebagai corong pemerintah. Di era
modern ini, tugas-tugas Kominfo semakin menantang. Tidak saja berkutat dalam mengemas informasi menjadi valid dan detail. Namun informasi yang dirilis mesti menyejukkan masyarakat yang bermuara pada terciptanya stabilitas daerah. Memberikan informasi yang benar terkait kondisi yang dihadapi pemerintah.

Nur Endang Abbas percaya bahwa untuk mewujudkan hal itu, Diskominfo harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mempunyai hubungan interpersonal secara kelembagaan ataupun pribadi. “Keterampilan itu sangat mendukung Dinas Kominfo dalam membangun jejaring. Sebab membangun jejaring dimulai dari komunikasi interpersonal. Membangun jejaring tak hanya butuh kompetensi ilmu pengetahuan dan kecerdasan. Kalau tidak memiliki komunikasi mumpuni dan hubungan intarpersonal dan seluruh elemen kehumasan maka sulit membangun jejaring,”ucap Nur Endang Abbas.

Mantan Kepala BKD Sultra itu meyakini pegawai Diskominfo di Sultra paling expert dalam berkomunikasi, mengelola pemberitaan dan informasi. “Sekali lagi, Diskominfo adalah garda terdepan membawa performance daerah menjadi lebih baik dan menjadi rujukan masyarakat untuk mengetahui penyelenggaraan pemerintahan di daerah kita masing-masing,” jelas Nur Endang Abbas.

Mantan Ketua KNPI Sultra itu menambahkan di tengah pandemi Covid-19 ini, Dinas Kominfo dituntut lebih produktif dan kreatif. Sehingga dapat melahirkan inovasi-inovasi baru. “Kalau pandemi, virus mungkin berbahaya menggerogoti kita dan bila kita waspada tidak akan terpapar. Tetapi dalam sebuah instansi kita berharap lahir virus-virus kreatifitas dan inovasi menyentuh seluruh ASN pengelola sehingga dapat menjadi trigger atau pemicu kreativitas. Terutama di Dinas Kominfo,”bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah mengatakan rakor ini dilakukan untuk meningkatkan jejaring Dinas Kominfo kabupaten dan kota se Sultra. Semua harus berada dalam misi yang sama membangun dan mengembangkan daerahnya masing-masing. Terutama dalam penyampaian informasi terkait pemerintahan.

“Kita semua memiliki tugas menyampaikan informasi terkait pemerintahan di daerah masing-masing. Selain itu, pengembangan informasi berbasis teknologi ke depan akan terus kita dorong. Terutama konektivitas seluruh Dinas Kominfo 17 kabupaten dan kota. Mari terus berinovasi demi pengembangan daerah,”ujar Ridwan Badallah. (rah/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy