Ekonomi Sultra Diprediksi Kian Membaik di Triwulan IV – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Ekonomi Sultra Diprediksi Kian Membaik di Triwulan IV

Aktivitas pengakutan barang di Pelabuhan Nusantara, Jalan Wr. Soepratman, Kendari, beberapa waktu lalu. Pada triwulan III 2020, pertumbuhan positif ekonomi Sultra terjadi pada komponen ekspor barang dan jasa sebesar 41,80 persen.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamat Ekonomi dari Universitas Halu Oleo (UHO), Dr Syamsir Nur memprediksi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada triwulan IV 2020 akan mencatatkan kinerja yang semakin membaik.

Hal tersebut berdasarkan data pertumbuhan ekonomi pada triwulan III yang mulai menunjukkan perbaikan. Setelah terkontraksi cukup dalam yakni minus 2,39 persen (yoy) pada triwulan II, pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan III terkontraksi hanya sebesar 1,82 persen. Selain itu, secara q-to-q, ekonomi Sultra triwulan III 2020 dibanding triwulan II 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 4,65 persen. Angka ini jauh lebih baik dari pada pertumbuhan ekonomi Sultra triwulan II 2020 yang mengalami kontraksi minus 0,11 persen dibandingkan triwulan I 2020.

“Denyut nadi perekonomian kita sudah mulai ada. Sektor-sektor ekonomi yang berkaitan langsung dengan Covid-19 sudah mulai menunjukkan geliat,” ujar Syamsir, kemarin.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra yang dirilis pekan lalu, diketahui bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sultra menurut pengeluaran menunjukkan pertumbuhan positif pada komponen ekspor barang dan jasa sebesar 41,80 persen dan komponen pengeluaran konsumsi pemerintah (PK-P) sebesar 3,24 persen. Komponen impor barang dan jasa sebagai faktor pengurang dalam PDRB tercatat tumbuh positif sebesar 37,86 persen.

Menurut Syamsir, dari sisi pengeluaran, serapan belanja pemerintah dalam menangani dampak Covid-19 berkontribusi terhadap PDRB Sultra triwulan III. Sebagian besar anggaran digunakan untuk kegiatan penanganan dampak Covid-19. Hal ini menenyebabkan aktivitas belanja pemerintah terus bergeliat walaupun dilakukan secara terbatas.

“Belanja pemerintah mengalami pertumbuhan karena refocusing anggaran terkait subsidi terhadap kegiatan ekonomi masyarakat baik yang sifatnya langsung kepada konsumen maupun pelaku usaha dalam hal ini relaksasi. Saat belanja pemerintah besar, secara tidak langsung memperbaiki konsumsi sektor rumah tangga karena daya beli mulai membaik,” tuturnya.

Lanjut dia, bukan hanya perdagangan antarnegara yang mempengaruhi dinamika perekonomian Sultra saat ini melainkan juga aktivitas perdagangan antarpulau yang sudah mulai normal. Selain itu, pelonggaran aktivitas ekonomi saat ini mulai menggerakkan aktivitas konsumsi maupun produksi. Karena masyarakat sudah bisa beradaptasi, maka aktivitas ekonomi di beberapa sektor yang digerakkan oleh masyarakat dan pelaku usaha kecil semakin bergairah.

“Melihat keadaan saat ini, maka pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan IV nanti akan lebih baik. Serapan anggaran pemerintah sudah mulai digenjot dan dampaknya akan semakin terasa nanti,” tandasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy