Dr. Nur Endang Abbas Apresiasi Pagelaran Kendari Pos Award 2020 – Kendari Pos
Nasional

Dr. Nur Endang Abbas Apresiasi Pagelaran Kendari Pos Award 2020


KENDARIPOS.CO.ID — Kendari Pos Award 2020 yang persembahkan harian Kendari Pos kepada 23 tokoh inovatif bukan hanya sekadar bentuk penghargaan atas kontribusi mereka dalam membangun daerah. Lebih dari itu, raihan Kendari Pos Award 2020 sebagai pelecut semangat dalam berkarya, sekaligus peneguh komitmen meraih target-target kinerja pada institusi atau “lahan” pengabdian masing-masing tokoh.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Dr.Hj.Nur Endang Abbas mengapresiasi pagelaran Kendari Pos Award 2020. Ia menilai, penghargaan yang diberikan harian Kendari Pos kepada 23 tokoh inovatif sangat positif karena dapat menjadi inspirasi dan mendorong pemerintah dan masyarakat Sultra bekerja lebih baik lagi.

“Pemerintah Provinsi Sultra menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas kerja-kerja harian Kendari Pos. Di samping tugas utamanya menyampaikan informasi kepada khalayak dan sebagai pengawas pemerintah, Kendari Pos mampu menyelenggarakan kegiatan yang spektakuler seperti ini,” ujar Dr.Hj.Nur Endang Abbas saat mewakili Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan sambutan pada malam penganugerahan Kendari Pos Award 2020 di Graha Pena Kendari Pos, Sabtu (31/10) malam.

Mantan Kepala BKD Sultra itu menyebut, informasi yang disampaikan oleh media sangat berharga bagi pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebab, dalam mengambil sebuah kebijakan pemerintah harus selalu mempertimbangkan berbagai aspek dan informasi.

“Salah satunya informasi dari Kendari Pos. Bagi kami, rasanya kurang kalau sehari saja tidak membaca Kendari Pos. Tidak ada salahnya pemerintah berkolaborasi dengan media, baik sebagai teman maupun pengawas bagi jalannya pemerintahan,” imbuh Ketua KNPI Sultra periode 1997-2001 itu.

Pada kesempatan itu, Dr.Nur Endang Abbas juga memaparkan kondisi Sultra selama masa pandemi. Setidaknya, terdapat tiga aspek yang terdampak yaitu kesehatan, ekonomi, dan sentimen sosial. Dari sisi kesehatan, tingkat kesembuhan di Sultra mencapai 70 persen dan tingkat hunian rumah sakit sudah lebih baik.

Dari aspek ekonomi, pola konsumsi dan daya beli masyarakat mengalami penurunan dan pertumbuhan ekonomi terkontraksi sebesar 2,39 persen pada triwulan II 2020. Namun, investasi mencatatkan angka yang positif dan telah melebihi target. Jaminan sosial juga masih terkendali.

“Di tengah pandemi ini, hal yang lebih utama adalah kita tetap selalu berkreasi dan berinovasi. Hanya dengan demikian tantangan penyelenggaraan pemerintahan bisa dilaksanakan dengan baik,” terang Dr.Nur Endang Abbas.

Ia juga mengatakan bahwa Kendari Pos telah banyak bertransformasi. Untuk itu, ia berharap Kendari Pos terus bersinergi dengan pemerintah, senantiasa meningkatkan kualitas pemberitaannya, dan tetap menjadi sumber informasi dan inspirasi masyarakat Sultra. Pola kemitraan antara pemerintah dan media, khususnya Kendari Pos juga diharapkan bisa selalu berjalan dengan baik. “Selamat kepada para tokoh inovator yang meraih penghargaan. Mudah-mudahan penghargaan ini dapat memberikan tambahan energi untuk kita semua bekerja lebih baik lagi,” tambah Dr.Nur Endang Abbas.

Menurut Dr.Nur Endang Abbas, kegiatan Kendari Pos Award 2020 sangat luar biasa karena memberikan ruang bagi insan pemerintahan untuk bekerja lebih baik lagi. Ia juga menyarankan agar ke depannya dibuat kriteria variabel dan great penilaian yang lebih tinggi untuk penerima anugerah Kendari Pos Award. Sehingga, makin banyak yang berlomba memberikan kinerja terbaiknya. Selain itu, banyak ASN di bawah level kepala dinas yang memiliki karya inovasi. Mereka juga patut mendapat reward.

“Ini semua agar menjaring lebih banyak inovator yang ada di Sultra. Harapannya, inovasi dan kreativitas Kendari Pos dapat menyebar di berbagai kabupaten/kota khususnya mendorong masyarakat Sultra,” pungkas Dr.Nur Endang Abbas.

Sementara itu, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengucapkan terima kasih atas penobatan dirinya sebagai tokoh inovatif pengembangan kampus, kategori pelopor pembangunan berwawasan lingkungan untuk UHO, Indonesia dan dunia.

“Terima kasih Kendari Pos atas penghargaan yang telah diberikan. Tentunya ini menjadi sebuah motivasi bagi saya untuk terus berkarya, berinovasi, dengan memberikan implementasi nyata untuk kemajuan pendidikan di Sultra dan Indonesia,” ujar Prof. Muh Zamrun saat dihubungi Kendari Pos, kemarin.

Diakuinya, penghargaan Kendari Pos Award 2020, menjadi sebuah cerminan untuk bisa terus bekerja, membangun kampus UHO yang maju dengan membangun dan menyediakan berbagai sarana dan prasarana memadai. “Dengan penghargaan ini, saya komitmen memajukan kampus atau setidaknya mempertahankan apa yang telah ada. Dengan menyiapkan berbagai fasilitas, yang membuat nyaman bagi mahasiswa dan dosen,” ungkap Prof.Muh.Zamrun sembari berharap Kendari Pos semakin jaya, terus berinovasi, dan berkreasi dalam mengali potensi-potensi yang ada di Sultra.

Penerima Kendari Pos Award lainnya, M.Ridwan Badallah mengucapkan terima kasih kepada Kendari Pos yang telah mendaulatnya sebagai Tokoh Inovatif Layanan Digital. “Kendari Pos Award merupakan sebuah gagasan cerdas dalam memberi ruang kompetisi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat terus memacu diri untuk berbuat yang terbaik untuk daerah,” ujar Kepala Dinas Kominfo Sultra itu.

Plt.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton, Manafu yang didapuk sebagai Tokoh Inovatif ASN Konsisten dan Berdedikasi sangat bangga atas penghargaan tersebut. Menurutnya apresiasi dari Kendari Pos akan dijadikan sebagai pelecut untuk berinovasi dan berkreasi dalam memberikan yang terbaik kepada daerah.

“Kendari Pos adalah media pertama dan terbesar di Sultra. Pemberitaan di Kendari Pos mencerminkan Sultra hari ini seperti apa. Mendapat penghargaan dari media Kendari Pos tentunya sebuah kebanggan besar untuk saya. Terima kasih Kendari Pos,” kata Manafu usai menerima penghargaan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala yang didaulat sebagai Tokoh Inovatif Perencanaan Pembangunan Daerah mengapresiasi penganugerahan Kendari Pos Award 2020. Menurutnya, capaian tersebut tak lepas dari suksesnya mengakselerasi pembangunan di Kota Kendari dengan mengejawantahkan misi Wali Kota Kendari yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi.

Hal tersebut bisa dilihat dari upayanya memimpin Bappeda Kota Kendari (tentunya bersama Pemkot Kendari) dalam mengakselerasi pembangunan saat anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) mengalami refocusing. Ridwansyah Taridala mengaku ia dan pemkot berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk menata kawasan kumuh, pencegahan banjir dan mendorong pembangunan infrastruktur daerah meski di tengah pandemi Covid-19.

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada segenap Pemkot Kendari khususnya Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir yang selama ini mengarahkan dan membimbing kami dalam membangun daerah ini. Insyah Allah ini bisa jadi pelecut semangat kita untuk terus berbuat, bekerja iklhlas demi terwujudnya Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi,” kata Ridwansyah.

Apresiasi atas penghargaan yang diraih datang dari Manager Legal PT.Ceria Nugraha Indotama (CNI), Moch.Kenny Rochlim. Kata dia, kategori good mining practice corporate yang diraih dari Kendari Pos Award menjadi spirit perusahaan PT.CNI dalam membangun daerah. Menurut Kenny, PT.CNI telah merekrut ribuan tenaga kerja, pengembangan usaha lokal, dan melakukan program CSR. Dari 1.400 karyawan langsugn dan tidak langsung, sekira 75 persen adalah warga sekitar pertambangan di Kecamatan Wolo.

“Terima kasih Kendari Pos. Ini (Kendari Pos Award) akan menjadi spirit buat kami. Saya juga ingin menyampaikan jika kami telah mendapatkan penilaian proper biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kami berharap PT.Ceria bisa memberi nilai lebih dan terus berkontribusi dalam memajukan daerah termasuk membantu Pemda dan masyarakat,” ungkap mantan Ketua PWI Kabupaten Kolaka itu. (uli/rah/m2/m5/m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy