Dosen UHO Latih Warga Buat VCO

Ketua Tim PKM UHO, Damhuri, S.Pd., MO., (lima dari kanan), serta Lurah Kambu, Ady Irfan, SE. (enam dari kanan) dan sejumlah warga Kelurahan Kambu, usia melaksanakan pelatihan pembuatan VCO, kemarin 12/11).


KENDARIPOS.CO.ID — Tim Pengabdian Kepada Masyarakat- Universitas Halu Oleo (PKM-UHO) melaksanakan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai bentuk upaya peningkatan imunitas tubuh warga Kelurahan Kambu.

Ketua Tim PKM Damhuri, S.Pd., MP., mengungkapkan di tengah kondisi wabah Covid-19, sangat dibutuhkan peningkatan imun tubuh sebagai salah satu upaya terhindar dari penyebaran berbagai virus, termasuk Covid-19.

Sebagai akademi yang dituntut peduli atas berbagai kondisi masyarakat, Tim PKM UHO melaksanakan pengabdian pada masyarakat di Kelurahan Kambu, Kota Kendari, kemarin (12/11).

“Kami terus mencoba memberikan yang terbaik pada masyarakat, melalui pelatihan pembuatan VCO. Ini akan sangat berguna bagi mereka karena berbagai manfaat yang dihasilkan dari prodak tersebut sangat bagus. VOC menjadi salah satu alternatif untuk menjaga imun dengan baik sehingga dapat terhindar dari penularan Covid-19,” terang Tim PKM UHO, Damhuri, S.Pd., MP., Kamis (12/11).

Dijelaskan bahwa VCO akan sangat berguna bagi manusia, dimana bahan utama dari produk tersebut sangat gampang didapatkan dan harganya pun terjangkau bagi seluruh elemen masyarakat.

“Dalam pelatihan pembuatan VCO ini saya didukung anggota tim lainnya, yakni Lili Darlis, M.Si., Wa Ode Sriyanti Nur, dan Nur Ainun. Kami bersama-sama menciptakan produk tersebut, yang bahan utamanya dari kelapa, selanjutnya diolah melalui beberapa proses yang tidak memakan waktu cukup panjang. Hasilnya pun dapat dijadikan obat peningkat imun tubuh, yang bisa langsung diminum. Inilah yang coba diberikan kepada masyarakat, sebagai bentuk pengapdian akademika UHO untuk kemajuan daerah,” paparnya.

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sebuah edukasi bagi masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sumber yang ada dapat dijadikan produk yang luar biasa manfaatnya dan bernilai Ekonomi S.

“Harapan kami setelah melakukan kegiatan ini, bisa memberikan sebuah implementasi yang cukup besar bagi masyarakat, dimana mereka nantinya bisa mandiri dan membuat sendiri VCO. Tentunya kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan, dimana nantinya Bisa memberikan sebuah dampak serta manfaat bagi masyarakat. Ini merupakan kewajiban bagi akadmisi,” ujarnya.

Lurah Kambu, Ady Irfan, SE., mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak PKM UHO. Dimana pembuatan VCo ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi di tengah pandemi.

“Kami dari pihak kelurahan mengucapkan terima kasih kepada tim PKM UHO yang telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi produk VCO ini sangat efektif untuk meningkatkan imun tubuh, dimana bisa mencegah penyebaran Pandemi Covid-19. Serta bahan-bahannya yang sangat terjangkau dan ekonomis. Jelas ini membantu warga, apalagi kondisi perekonomian yang sedang susah saat ini,” tutupnya. (m5/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *