Dirut Kendari Pos : Media tak Boleh Berhenti Berkreasi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dirut Kendari Pos : Media tak Boleh Berhenti Berkreasi

KENDARIPOS.CO.ID — Perkembangan teknologi digital menuntut media massa tampil kompetitif. Media massa harus berani berinovasi menyajikan informasi. Eksistensi media cetak tengah diuji oleh menjamurnya media online. Koran harian Kendari Pos berjaya melintasi zaman. Sejak berdiri tahun 1995 dan kini telah berusia 25 tahun, Kendari Pos tetap teguh menjaga eksistensi kepada pembacanya di Sultra serta berjaya melintasi zaman.

Ki-Ka: Presenter MEK.TV Erwin, Wadir Keuangan, Personalia & Umum Kendari Pos Agus Tranhadi, Biro Direksi Kendari Pos Sawaluddin Lakawa, Manager Personalia Kendari Pos Aser Rerung, Direktur Bisnis dan Keuangan Media Kendari Grup Haeruddin, Dirut Media Kendari Grup Jafrun, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin, Pemred Kendari Pos Inong Saputra, Manager Iklan/Sponsorship Kendari Pos Awal Nurjadin dan Manager Sirkulasi Kendari Pos Resmin foto bersama usai program Bincang Kita di studio MEK.TV, Jl. Kakatua, Kendari, Rabu (11/11).

Saat tampil sebagai pembicara di talkshow Bincang Kita Mediakendari.TV, Direktur Utama (Dirut ) Kendari Pos Irwan Zainuddin mengulas strategi Kendari Pos tetap eksis hingga kini. Irwan Zainuddin menuturkan mindset mesti diubah bahwa jangan pernah berpikir media cetak akan senja kala. Tapi harus punya mindset koran akan tetap hidup. Dengan begitu, maka akan selalu berpikir kreatif dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Misalnya kemajuan teknologi justru memudahkan kinerja dan melahirkan terobosan-terobosan. “Selain itu Kendari Pos menempatkan diri pada ranah industri knowledge. Media tak boleh berhenti berkreasi karena berada di ranah yang dinamis,” ujar Irwan Zainuddin dikantor mediakendari.com, Rabu (11/11) kemarin. .

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin menambahkan agar bisa tetap bertumbuh, media massa harus berani berinovasi. Salah satu inovasi Kendari Pos adalah membangun konvergensi media. Kendari Pos ditopang oleh media online kendaripos.co.id, kendarinews.com, Kendari Pos update, e-koran Kendari Pos dan yang terbaru Kendari Pos Channel. “Ini terobosan kami. Lima platform berbeda itu hadir untuk menjawab tantangan media saat ini. Namun core-nya tetap pada koran Kendari Pos. Jadi konvergensi media ini saling komplementer. Inilah kelebihan Kendari Pos,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap media punya kelebihan dan kekurangan. Kendari Pos senantiasa melakukan perubahan untuk mengatasi kekurangan yang ada sehingga tetap eksis hingga kini. Yang tidak kalah penting adalah menghasilkan gagasan gemilang untuk memperbaharui produk pemberitaan. Tujuannya menyuguhkan varian baru bagi pembaca koran.

“Kita harus bisa membaca situasi ataupun fenomena yang terjadi di tengah masyarakat dengan cepat. Sehingga bisa dengan cepat pula menggagas sebuah ide dan formula berita yang akan di sajikan. Tentunya untuk mempersembahkan karya berkualitas dan terbaik,” kata Irwan Zainuddin.

Irwan Zainuddin menjelaskan, sebuah media mesti meramu personal branding menjadi personal value. Selain itu, sinergi kreativitas baik dari aspek perencanaan, redaksi, pemasaran, dan sirkulasi harus terjalin kuat dengan sistem kebersamaan serta kekeluargaan. Sehingga melahirkan kekuatan yang kokoh dalam merealisasikan program.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Koran Harian Kendari Pos Inong Saputra menyampaikan salah satu kekuatan media Kendari Pos karena di topang oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Perhatian dalam bentuk pembinaan terhadap reporter menjadi sebuah kewajiban. Karena wartawan merupakan ujung tombak sebuah media. Sebuah berita yang bergizi lahir dari pena wartawan yang mumpuni dan memiliki kepribadian yang baik. “Setiap akhir pekan, selalu di adakan evaluasi kepada wartawan. Untuk terus mengasah kemampuannya agar semakin tajam dan kuat,” ujar Inong Saputra.

Hal fundamental lainnya, sambung Inong Saputra, bagaimana merawat dan menjaga kepercayaan pembaca. Terciptanya kepercayaan terletak pada instrumen pemberitaan yang di suguhkan. Terutama pada aspek varian serta irama informasi yang di telurkan. “Makanya, selalu kami tekankan kepada wartawan bahwa sebuah berita mesti mengandung misi tertentu. Akan diarahkan kemana dan seperti apa berita yang ditulis serta output akhirnya akan bermuara kemana. Dengan demikian, gugusan berita yang di tulis memiliki kekuatan tersendiri dan enak dibaca,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Kendari Mediatama Group, Jafrun menuturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Koran Harian Kendari Pos atas kehadiran Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan Pemred Kendari Pos, Inong Saputra bersama manajemen Kendari Pos lainnya.

Bagi Jafrun, kunjungan Kendari Pos ke kantor Media Kendari adalah sebuah kehormatan. “Sebagai media yang baru berumur 3 tahun, kami mesti banyak belajar kepada Kendari Pos yang telah berjaya selama 25 tahun. Karenanya berbagai masukan dan nasehat untuk pengembangan dan kemajuan Kendari Mediatama Group sangat kami butuhkan,” kata Jafrun kepada Kendari Pos, Rabu (11/11).

Komposisi strategi baik dalam bentuk pemberitaan dan relasi, kata dia, boleh saja berbeda. Namun ia berharap sinergi dalam ranah saling menguatkan dan memberi masukan, harus senantiasa terjalin. Sehingga ke depan bisa menjadi media yang bisa berjaya di tengah derasnya kompetisi media. “Sebagai media massa pertama dan terbesar di Sultra, Kendari Pos menjadi sebagai teladan bagi media massa yang ada di Sultra. Karenanya banyak hal yang mesti dipelajari dan dicontoh agar bisa tumbuh dan sukses sebagaimana Kendari Pos saat ini,” tandas Jafrun. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy