Dikmudora Kendari Gagas PBM Tatap Muka

Makmur, M.Pd.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, berencana bakal melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara tatap muka di sekolah secara bertahap. Sambil melihat perkembangan Covid-19 di Kota Kendari. Rencananya, pembukaan sekolah tersebut hanya dilakukan delapan SMP terlebih dahulu.

Kepala Dikmudora Kendari, Makmur, M.Pd., menjelaskan bahwa berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilakukan, delapan SMP di Kota Kendari dinyatakan lulus verifikasi serta sudah dinyatakan siap oleh gugus tugas Covid-19 Kota Kendari. Baik dari segi sarana prasarana, hingga kesiapan tenaga pendidiknya.

“Untuk jadwalnya saya belum bisa memastikan. Namun, berkasnya kita sudah ajukan ke Walikota Kendari. Apabila Pak Wali sudah izinkan, maka kedelapan SMP tersebut akan melangsungkan pembelajaran tatap muka,” jelasnya.

Rencana dibukanya kembali pembelajaran tatap muka di delapan SMP ini, tentu bakal melibatkan orang tua siswa. Apabila terdapat orang tua yang setuju atau mengizinkan maka siswa tersebut akan belajar secara langsung di sekolah. Namun, jika ada orang tua yang tidak mengizinkan, maka sekolah bakal tetap memberikan fasilitas kepada siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran secara virtual.

“Untuk mekanismenya, pembelajaran tatap muka ini bakal diserahkan oleh sekolah masing-masing. Dan bakal disesuaikan dengan kondisi, jumlah siswa hingga ketersediaan sarana prasarana,” ternagnya.

Diakuinya, secara umum prosesnya nanti siswa bakal diatur dalam shif. Sebab, rencana melangsungkan PBM tatap muka di delapan SMP di Kota Kendari ini, bakal mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat.

“Umumnya jam belajar akan dimulai pada pukul 7.30 sampai pukul 10.00 WITA. Kemudian kita jeda dua jam dan dilanjutkan lagi pada jam 1 untuk shif berikutnya. Sehingga di setiap shif tidak akan ada tabrakan jam belajar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 9 Kendari, Milwan menyampaikan kesiapanya apabila izin PBM tatap muka telah diberikan oleh pemerintah. Diakui pihaknya, SMPN 9 Kendari merupakan salah satu dari delapan SMP yang telah dinyatakan siap melangsungkan PBM tatap muka. “Kami sudah sangat siap, baik dari segi sarana prasarana hingga kesiapan para guru,” jelasnya.

Lanjut dia, sebagai SMPN yang memiliki siswa terbanyak di Kota Kendari, pihaknya mengaku bakal memberlakukan sistem shif dalam
pelaksanaan PBM tatap muka nanti. “Jika telah mendapat izin, maka SMPN 9 Kendari akan melaksanakan PBM tatap muka langsung. Tentu ini merupakan harapan banyak siswa dan juga orang tua,” tutup Makmur. (idh/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *