DID 2021 Muna Capai Rp 17 Miliar – Kendari Pos
Muna

DID 2021 Muna Capai Rp 17 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akan mendapat kucuran alokasi dana insentif daerah (DID) senilai Rp 17 miliar pada tahun 2021 mendatang. Jatah alokasi DID diperoleh Pemkab Muna sebagai apresiasi atas keberhasilan menjaga predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan kinerja pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muna, La Mahi, membenarkan, alokasi DID yang akan diterima Pemkab itu karena berhasil menunjukkan tata kelola keuangan yang baik dibuktikan dengan predikat WTP atas LKPD tahun 2019 lalu. Predikat WTP itu sendiri sudah empat kali diraih sejak tahun 2017. Sebagai wujud apresiasi, Pemerintah Pusat memberikan alokasi DID yang akan masuk dalam nota keuangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun depan.

“DID kita nilainya Rp 17 miliar dari APBN,” ulang La Mahi, menegaskan, Rabu (11/18). Alokasi DID sendiri umumnya diberikan pada daerah yang memenuhi dua indikator utama yakni penyusunan LKPD kategori baik dan ketepatan waktu pengesahan APBD. Sebelum akan mendapat DID tahun 2021, alokasi itu sebenarnya pernah diterima Pemkab Muna pada tahun 2019 lalu. Nilainya bahkan lebih besar yakni Rp 22 miliar. “Kalau 2020 kita tidak dapat. Nanti tahun depan lagi,” jelasnya.

La Mahi melanjutkan, Pemkab sangat terbantu dengan alokasi DID tersebut karena dapat menambah anggaran belanja modal tahun depan. Kendati demikian, Pemkab belum menentukan pos belanja yang akan bersumber dari DID. Menurut La Mahi, hal itu menjadi kebijakan Bupati Muna bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). “Pastinya diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat banyak. Misalnya infrastruktur,” imbuhnya. (c/ode)

Plot DID untuk Kabupaten Muna :

  • Tahun 2019 : Rp 22 miliar
  • Tahun 2020 : –
  • Tahun 2021 : Rp 17 miliar
  • DID diberikan pada daerah yang memenuhi dua indikator utama :
  • Penyusunan LKPD dengan kategori baik
  • Ketepatan waktu pengesahan APBD
  • Pemkab belum menentukan pos belanja dari DID
  • Kebijakan Bupati Muna bersama TAPD yang akan merencanakannya.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy