Dewan Minta Pemkot Kendari Genjot PAD

KENDARIPOS.CO.ID — Masa anggaran tahun 2020 tinggal menyisakan waktu kurang dari dua bulan. Di masa ini, DPRD Kota Kendari meminta Pemkot melakukan percepatan pembangunan. Tidak dalam menuntaskan program kerjanya, namun juga mendongkrak pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Andi Sulolipu

Ketua Komisi II DPRD Kendari, Andi Silolipu mengatakan sektor penerimaan daerah harus terus digenjot. Saat ini, masih ada waktu mengejar target PAD. “Meskipun target PAD ditahun 2020 sebesar Rp 300 miliar tidak tercapai karena dampak Covid-19, namun setidaknya, ada usaha yang dilakukan pemkot untuk meningkatkan PAD,” ujar Andi kemarin.

Sektor pajak kata dia, perlu dimaksimalkan lagi. Seperti pajak parkir, restoran, reklame, hotel, dan lainya yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan PAD. Namun dengan catatan pemungutan pajak haruslah sesuai aturan dan benar-benar masuk ke kas daerah. “Sektor pajak adalah satu-satunya yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan PAD ditengah Covid-19 jelang penutupan tahun. Saya kira pemerintah lebih tahu bagaimana penerapannya” ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Sebelumnya, Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Nahwa Umar, mengungkapkan untuk meningkatkan PAD Kota Kendari ditengah Covid-19, pihaknya telah memasang ratusan alat perekam pajak (tapping box) di sejumlah tempat usaha yang ada di Kota Kendari.

“Meski menurun dan tidak mencapai target, penerapan alat perekam pajak ini berdampak positif pada PAD. Karena jika berkaca realisasi Oktober 2018 sebesarRp 92,64 miliar, maka Oktober 2019 sebesar Rp 96,6 miliar. Itu artinya alat perekam ini bekerja dengan baik. Khusunya untuk tahun 2020,” tutupnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *