Cegah Korban dan Kerugian Besar Badai La Nina, OPD Diminta Survei Lapangan – Kendari Pos
Kolaka

Cegah Korban dan Kerugian Besar Badai La Nina, OPD Diminta Survei Lapangan

KENDARIPOS.CO.ID — Sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mulai Desember mendatang, badai La Nina berpotensi menerjang sejumlah wilayah di tanah air, tak terkecuali Kabupaten Kolaka. Dengan menyisakan waktu sebulan lagi, maka diharapkan semua instansi terkait dapat melaksanakan langkah antisipasi agar bencana yang dipicu oleh badai tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang besar.

Mustajab

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka, Mustajab, mengungkapkan, badai La Nina dapat menimbulkan bencana banjir rob maupun luapan air sungai. Untuk itu, agar tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material besar saat banjir, maka pihaknya meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan langkah pencegahan. “Kami minta kepada instansi teknis untuk mulai memikirkan dan melakukan langkah antisipasi. Minimal direncanakan, karena kalau sudah terjadi bencana baru dipikirkan itu lain hal,” kata pria yang menjabat Asisten II Setkab Kolaka tersebut.

Untuk di BPBD, kata Mustajab pihaknya telah membentuk tim kesiapsiagaan yang bertugas melakukan pengamatan sebelum bencana terjadi. “Jadi tim ini mencari tahu penyebab terjadinya bencana. Misalnya banjir. Itu terjadi karena hutan gundul atau tanggul,” ujarnya, Senin (2/11). Mustajab mengatakan, data yang diperoleh dari pengamatan tersebut nantinya akan disampaikan kepada OPD terkait untuk ditindaklanjuti.

“Kalau misalnya tanggulnya yang menjadi penyebab banjir maka kami laporkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU). Sebab berdasarkan aturan, pembangunan fisik itu di PU,” tuturnya. Agar langkah pencegahan lebih optimal, Mustajab berharap, OPD terkait mulai melakukan survei di lapangan. “Kami juga sudah menurunkan pasukan untuk melakukan pemantauan. Yang kami fokus saat ini mengamati penyebab banjir. Pertama dari hulu seperti apa luapan air dari atas dan kondisi tanggulnya seperti apa,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy