Bupati Kolaka Target Semua Tanah Bersertifikat Tahun 2024 – Kendari Pos
Kolaka

Bupati Kolaka Target Semua Tanah Bersertifikat Tahun 2024

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka, Ahmad Safei punya target mulia untuk rakyatnya. Ahmad Safei akan membuatkan legalitas hukum atas kepemilikan tanah rakyat Kolaka. Dengan memanfaatkan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) melalui Badan Pertanahan Nasional, Bupati Ahmad Safei akan mewujudkan target sebelum masa jabatannya berakhir tahun 2024.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei (kiri) menyerahkan 3.316 sertifikat tanah secara simbolis. Tampak salah seorang masyarakat menerima sertifikat tanah dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) melalui Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kolaka.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengungkapkan, dari sekira 135 ribu bidang lahan yang ada di Bumi Mekongga, hanya sekira 70 ribu bidang lahan yang bersertifikat. Sedangkan sisanya sekira 65 ribu bidang belum bersertifikat. “Jumlah ini yang tercatat. Yang tidak tercacat mungkin sekitar 500 ribuan,” ujarnya saat menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis di aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, baru-baru ini.

Meskipun lahan yang belum bersertifikat di Bumi Mekongga terbilang masih cukup banyak, namun Bupati Ahmad Safei berjanji akan menuntaskan persoalan tersebut hingga masa jabatan Bupati Kolaka periode kedua tahun 2024 mendatang. “Sampai 2024 kami usahakan semua lahan di Kabupaten Kolaka sudah bersertifikat. Minimal sampai 80 persen bisa diselesaikan. Kita pemerintah tenang juga kalau masalah tanah selesai. Karena yang paling banyak diurus oleh pemerintah khususnya di desa dan kelurahan yaitu masalah tanah ini,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Kolaka itu menjelaskan, salah satu penyebab masih banyaknya tanah di Kabupaten Kolaka yang belum bersertifikat yaitu karena pemiliknya enggan untuk menyertifikatkan. Salah satu alasan warga tak mau menyertifikatkan lahannya mungkin karena menghindari pajak.

“Warga itu tidak mau daftarkan tanahnya karena takut kena pajak. Kalau ia punya kaplingan lima, maka yang disertifikatkan hanya dua. Ini mereka lakukan karena menghindari pajak. Padahal pajak itu yang akan digunakan untuk membangun negeri ini,” imbuh Bupati Kolaka Ahmad Safei.

Pada tahun 2020 ini sekira 3.316 sertifikat diberikan kepada warga yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Kolaka. Bupati Kolaka Ahmad Safei membagikan sertifikat secara simbolis kepada warga dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). “Kami berharap sertifikat ini menjadi penopang hidup. Bisa dijadikan modal untuk membangun usaha. Tapi, bukan untuk diperjual belikan,” tegas Ahmad Safei.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kolaka, Isman Tama mengatakan, sertifikat tanah sangat penting. Kata dia sertifikat tanah itu adalah tanda bukti hak yang sangat kuat untuk dipegang oleh masyarakat. Sebab persoalan tanah itu butuh kepastian letak, kepastian batas, kepastian penggunaan tanah dan kepastian hak. “Jadi apapun persoalan yang dialami, masyarakat tidak berdiri sendiri membela tanahnya. Tapi kami aparat pemerintah atau lembaga pemerintah yang mengeluarkan dokumen ini akan membantu atau membela masyarakat tersebut,” ujar Isman.

Isman menegaskan, lahan yang ditargetkan untuk disertifikatkan melalui program PTSL tahun 2020 ini awalnya sekira 10 ribu. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 maka pihaknya menurunkan target tersebut menjadi 3 ribu. “Ini berkaitan karena dari segi persiapan sarana dan prasarana, tenaga kerja, dan yang terpenting adalah anggaran. Kami tidak diberikan untuk target 10 ribu, yang diberikan hanya 3 ribuan. Alhamdulillah, kami sudah selesaikan semua,” kata Isman.

Ia menuturkan, target PTSL itu dijatah dari Kantor Wilayah (Kanwil) yang ada di provinsi. “Kami masih menunggu target yang diberikan dari Kanwil . Berapa yang akan diberikan, kemudian disesuaikan kemampuan teman-teman di daerah. Kalau misalnya data yang diperoleh hanya 5 ribu tapi ternyata target yang dicanangkan 7 ribu, berarti kami harus menambah 2 ribu lagi untuk memenuhi target tersebut. Adapun target 10 ribu untuk Kabupaten Kolaka itu kemungkinan terpenuhi tahun depan,” tutup Isman. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy