BSU Gelombang Kedua Bakal Dicairkan Bulan Ini – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

BSU Gelombang Kedua Bakal Dicairkan Bulan Ini


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Ketenagakerjaan RI segera menyalurkan bantuan Bantuan Sosial Upah (BSU) gelombang kedua kepada pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta. Penyaluran BSU dikabarkan dilakukan November ini. Di Sultra, ribuan tenaga kerja yang tercatat di BP Jamsostek sedang menantikan BSU gelombang kedua sebesar Rp.1,2 juta.

Kepala BP Jamsostek Sultra, Muhyiddin DJ mengungkapkan, jumlah penerima BSU di Sultra tercatat sekira 80 ribu pekerja. Anggarannya sekira Rp 96 miliar. Itu berdasarkan data penyaluran gelombang pertama yang dilakukan bulan September lalu hingga Oktober lalu.

“Penyaluran gelombang pertama sudah selesai. Kalau soal penetapan penambahan atau pengurangan dari BPJS sudah selesai. Semua data sudah diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan RI,” kata Muhyiddin kepada Kendari Pos, kemarin.

Soal adanya penambahan maupun pengurangan jumlah penerima manfaat, Muhyiddin mengaku tidak tahu pasti berapa jumlahnya. Hal itu dikarenakan proses tersebut dilakukan oleh kementerian terkait. “Prosesnya pengurangan dan penambahan di Kementerian sekarang,” ujar Muhyiddin.

Kalaupun masih ada karyawan yang belum menerima bantuan, Muhyiddin mengaku tak bisa berbuat banyak. Sebab, seluruh prosesnya dilakukan ditingkat pusat. “Kami hanya menghimpun data karyawan. Setelah masuk kami validasi dan langsung menginformasikannya ke pusat,” ungkap Muhyiddin.

Muhyiddin berharap, bagi pekerja atau karyawan yang sudah menerima BSU dari pemerintah dapat segera digunakan atau dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari. “Semoga bantuan subsidi upah yang diterima dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukan kebutuhan masing-masing pekerja. Bagi yang belum dicairkan bantuan saya harap untuk bersabar karena pemerintah masih melakukan verifikasi terhadap rekening penerima,” kata Muhyiddin.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah memastikan penyaluran BSU tahap kedua akan disalurkan pada November 2020. Kepastian itu menyusul keberhasilan Kemnaker mencapai target penyaluran ke 15,7 juta pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. “Alhamdulillah kita terus mengawal pembayaran subsidi upah kepada 15,7 juta. saat ini penerimanya sudah mencapai 98 persen,” kata Ida Fauziah.

Lebih lanjut Menaker menambahkan setelah semua penyaluran gelombang pertama selesai hingga tahap (batch) 5, pihaknya akan segera menyalurkan transferan dana Rp 1,2 juta (gelombang kedua) pada bulan November 2020 mendatang. “Kami targetkan pembayaran termin 2 dapat disalurkan pada bulan November setelah proses evaluasi penyaluran subsidi gaji/upah termin 1 ini selesai,” ungkap Ida Fauziah.

Sekedar informasi, adapum persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan BSU BP-Jamsostek gelombang kedua, berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020 yaitu warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependuduka (NIK) Pekerja/Buruh penerima gaji/upah;
Terdaftar sebagai peserta aktif program jamsos BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan per Juni 2020.

Selanjutnya, peserta aktif program Jamsos Ketenagakerjaan yang membayar iuran. Besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki rekening bank yang aktif.

Bagi para pekerja yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan BSU BP-Jamsostek gelombang kedua, pastikan nama penerima telah terdaftar. Untuk bisa memastikannya bisa dicek melalui https://bsu.kemnaker.go.id, https://kemnaker.go.id, login melalui BPJSTK Mobile, serta melalui sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sementara itu, berdasarkan data Kemenaker per tanggal 19 Oktober 2020, BSU BP-Jamsostek gelombang pertama, tahap (batch) 1 telah disalurkan kepada 2.485.687 penerima, batch 2 kepada 2.981.531 penerima, batch 3 kepada 3.476.120 penerima, batch 4 kepada 2.620.665 penerima, dan tahap 5 kepada 602.468 penerima. (ags/b/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy