Bangun Jalan Lingkar Luar, Wali Kota Kendari Sukses Yakinkan Kementerian PUPR – Kendari Pos
Nasional

Bangun Jalan Lingkar Luar, Wali Kota Kendari Sukses Yakinkan Kementerian PUPR


KENDARIPOS.CO.ID — Menunaikan tugas pembangunan di tengah gempuran pandemi Covid-19 bukanlah perkara mudah bagi kepala daerah. Sebagian anggaran pembangunan yang sudah diplotkan sebelumnya, terpaksa dialihkan untuk penanganan wabah Covid-19. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir punya cara menyiasati agenda pembangunan outre ring road di tengah keterbatasan anggaran daerah.

Untuk memudahkan lalu lintas kendaraan, barang dan jasa serta konektivitas wilayah, Pemkot Kendari membangun jalan lingkar luar (outer ring road) di Kota Kendari sejak tahun 2014. Namun karena Covid-19, pengerjaaan proyek ini tertunda. Terhitung tahun depan, proyek itu akan dikerjakan Kementerian PUPR. Jalur dua di Kelurahan Bungkutoko menjadi salah satu jalur outer ringroad yang dibangun Pemkot Kendari.

Berbekal kepiawaian membangun jejaring dan komunikasi di level pemerintah pusat, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sukses meyakinkan Kementerian PUPR sehingga proyek outer ring road (jalan lingkar luar) masuk ranah kementerian untuk dituntaskan. Terhitung tahun 2021, pembangunan jalan lingkar luar dilanjutkan Kementerian PUPR. Penganggarannya melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari. “Bukan ingin melempar tanggungjawab, hanya saja kondisi yang memaksa kita untuk menyerahkan kelanjutan pembangunan kepada pemerintah pusat,” ujar Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, Jumat (6/11) kemarin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, dampak pandemi Covid-19 menyebabkan APBD Kota Kendari mengalami refocusing. Salah satu anggaran yang terpangkas adalah pembiayaan kelanjutan pembangunan outer ring road. Terpangkasnya anggaran tersebut, berdampak pada penghentian sementara pembangunannya.

Atas dasar itu, Sulkarnain Kadir mengusulkan kelanjutan pembangunan pada Kementerian PUPR. “Alhamdulillah disetujui. Mulai tahun depan, pembangunan outer ring road akan dilanjutkan BPJN XXI Kendari. Untuk pembebasan lahannya semua sudah tuntas,” kata Sulkarnain.

Menurut Sulkarnain, dengan beralihnya tanggungjawab pekerjaan maka semakin mempercepat proses pembangunan outer ring road dan terkoneksi dengan Jembatan Teluk Kendari. “Insya Allah, melalui bantuan kementerian, impian kita memiliki jalan lingkar luar bisa segera terwujud,” ungkap Sulkarnain.

Selain untuk mempercepat proses pembangunan outer ring road, keuntungan lain yang didapatkan pemkot yakni anggaran yang sebelumnya disiapkan untuk pembangunan sekira Rp 422 miliar bisa digunakan untuk penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi daerah, serta untuk pembiayaan lain.

“Anggaran yang ada digunakan untuk pembiayaan lain. Utamanya untuk penanganan wabah covid-19 serta perbaikan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur kota dan masih banyak lagi,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Kepala BPJN XXI Kendari, Yohanis Tulak Todingrara membenarkan kelanjutan pembangunan outer ring road diambil alih Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dalam hal ini BPJN Kendari. Hanya saja, ia tak secara gamblang menjelaskan rencana pembangunannya ke depan. “Pembangunan outer ring road ditangani balai jalan,” ujarnya singkat. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy