APBD Konawe 2021 Diproyeksi Lebih Rendah – Kendari Pos
Konawe

APBD Konawe 2021 Diproyeksi Lebih Rendah


KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Konawe pada tahun 2021 mendatang, diproyeksi lebih rendah dibanding kas daerah pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,6 triliun. Selain disebabkan penyesuaian pendapatan daerah yang belum memenuhi target pada tahun ini, proyeksi penurunan nominal APBD tersebut juga karena adanya pengurangan transfer dana alokasi umum (DAU) dari pusat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe.

Ferdinand Sapan

Kondisi itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, kemarin. Ferdinand menepis rumor pengurangan transfer DAU itu akibat imbas keterlambatan pembahasan rancangan APBD Konawe tahun 2021. Menurutnya, pemangkasan DAU tersebut lebih kepada penyesuaian formula yang ada, termasuk didalamnya kemungkinan pertimbangan kondisi keuangan negara dimasa pandemi Covid-19.

“APBD 2021 sementara digodok. Sedikit terlambat memang karena regulasi yang harus kita sesuaikan. Syukur-syukur posisi kita sekarang sudah ada di tahapan pembahasan kebijakan umum anggaran prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS)-nya,” ujar Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe itu, kemarin.

Lanjut Ferdy, sapaan karibnya, tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab sudah mengusulkan rencana program kerja ditahun 2021. Namun, masih ada tahapan yang mesti dilalui dalam proses perampungan rancangan APBD tersebut. Termasuk, validasi dari TAPD Konawe. Begitu divalidasi, sambungnya, pihaknya bakal menyesuaikan dengan kode-kode rekening tiap OPD, keterkaitan target indikator kinerja utama dan skala prioritas pemkab, serta mempertimbangkan proyek yang sifatnya mandatory pusat.

“Sehingga, kita menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah lagi. Untuk dana penanganan Covid-19 tetap kita masukkan juga untuk 2021. Instruksi pusat tetap memprioritaskan itu, sebab belum ada jaminan kapan pandemi ini akan berakhir,” pungkas Ferdinand Sapan. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy