Antisipasi Risiko Kebakaran, Pemkot Baubau Bangun Posko Pembantu – Kendari Pos
Bau-bau

Antisipasi Risiko Kebakaran, Pemkot Baubau Bangun Posko Pembantu


KENDARIPOS.CO.ID — Kemajuan pembangunan di Kota Baubau memerlihatkan pertumbuhan yang cukup signifikan. Kepadatan bangunan pemukiman milik masyarakat terus meningkat, mengisi ruang-ruang kosong. Kondisi tersebut perlu dibarengi dengan peningkatan pelayanan dasar pemerintah. Salah satunya adalah keberadaan petugas pemadan kebakaran untuk mengantisipasi risiko akan rentannya amukan si jago merah pada suatu kawasan. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Baubau, MZ Tamsir Tamin, mengatakan, pertumbuhan daerah yang demikian pesat memang harus diikuti dengan kebijakan pelayanan. Berkaitan dengan antisipasi kejadian kebakaran, pihaknya telah mengambil langkah konkret. Salah satunya dengan merencanakan pembangunan empat Posko pembantu pemadam kebakaran pada beberapa wilayah kecamatan.

MZ Tamsir Tamintargetkan

“Dari empat Posko pembantu pemadam kebakaran yang kita rencanakan, yang terbentuk baru satu. Letaknya ada di Kecamatan Bungi. Jadi saat ini Posko pemadam kebakaran sudah ada dua dengan Posko utama,” ungkap Tamsir Tamim saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (13/11). Rencana untuk pembangunan tiga posko lainnya, masing-masing direncanakan di wilayah Sorawolio, Palagimata dan Palatiga. Hanya saja, proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Itu karena kondisi anggaran yang minim. “Tujuan pembangunan Posko pembantu ini adalah untuk meminimalisir kerugian aset masyarakat dan pemerintah akibat kebakaran,” sambungnya.

Kata Tamsir Tamim, rencana pembangunan empat Posko pembantu pemadam kebakaran itu berkaitan dengan respon time menuju tempat kejadian. Di atas 15 menit setelah adanya laporan kejadian, maka pasukan sudah bisa berada di lokasi. “Makanya setiap Posko harus dilengkapi dengan armada dan petugas. Seperti posko pemadam di Kecamatan Bungi ada satu armada dan setiap harinya ada delapan orang yang stand by berjaga,” terangnya.

Ia, menambahkan, rencana pembangunan Posko pembantu pemadam kebakaran memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebab, setiap pembangunan juga ada ikutannya, berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasaranya yang lengkap. Mulai dari gedung, armada, dan sumber daya manusia. Dengan kondisi armada dan pasukan yang ada saat ini, semua tidak dapat dilakukan sekaligus. “Armada kita saat ini ada tujuh unit. Kemudian pasukan pemadam ada 85 orang. Itu masih kurang jika dibangun pos pembantu,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy