Antisipasi Konflik Pilkada, Polda Sultra Gelar Latihan Sispamkota – Kendari Pos
Metro Kendari

Antisipasi Konflik Pilkada, Polda Sultra Gelar Latihan Sispamkota

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Pilkada di tujuh daerah tak lepas dari potensi konflik. Pada sisi lain, Polri punya tugas menciptakan dan menjaga daerah tetap aman dan kondusif. Nah, untuk itu
Polda Sultra menyiapkan personelnya agar terampil menghadapi dan mengantisipasi potensi konflik sosial dan antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Sultra menjelang pemungutan suara Pilkada serentak, 9 Desember 2020.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya menerima laporan anak buahnya terkait kesiapan pelaksanaan latihan Sispamkota dan Tactical Floor Game (TFG) di Hotel Zahra Kendari, Senin (9/11). Latihan dimaksudkan agar personel Polri punya gambaran cara bertindak baik dari segi taktis maupun teknis dalam pengamanan daerah menjelang pemungutan suara Pilkada serentak 2020

Kesiapan personel itu melalui latihan sistem pengamanan kota (sispamkota) dengan metode gladi posko dan Tactical Floor Game (TFG). Latihan itu dipimpin Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya dan menghadirkan narasumber komisioner KPU Sultra, Bawaslu dan kepala dinas terkait di Hotel Zahra Kendari, Senin (9/11). TFG merupakan bagian dari rangkaian Operasi Mantap Praja Anoa 2020 yang bertujuan untuk menguji rencana kontingensi dan rencana pengamanan setiap tahapan Pilkada 2020 sehingga mendapatkan gambaran cara bertindak baik dari segi taktis maupun teknis.

Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatkaan TFG merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana Sispamkota. Dengan kegiatan ini, berbagai langkah-langkah yang akan dilakukan disesuaikan dengan urutan, waktu dan kebutuhan latihan.

“Tujuan pelaksanaan TFG ini agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peranannya masing-masing baik pada saat situasi aman maupun situasi kontingensi serta menentukan pola pengamanan terhadap perkembangan situasi terkait penyebaran Covid-19,” ujar Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, kemarin.

Mantan Wakapolda Sultra menambahkan latihan ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dan agar personel memiliki kemampuan mengantisipasi hambatan yang akan dihadapi pada saat bertugas di lapangan. Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya optimistis dengan persiapan matang jelang pilkada akan mewujudkan sosok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta aparat penegak hukum yang mahir, terpuji, patuh hukum dan dipercaya masyarakat.

“Kepolisian dituntut dapat melaksanakan tugas secara efektif, efisien dan akuntabel dalam pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Saya berharap tidak ada keragu-raguan dalam menjalankan tugas di lapangan. Tindak tegas segala bentuk pelanggaran hukum. Lakukan yang terbaik selama bertugas,” tegas Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya kepada anak buahnya. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy