Ahmad Safei Resmikan TPA Sampah dan IPLT – Kendari Pos
Kolaka

Ahmad Safei Resmikan TPA Sampah dan IPLT

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka, Ahmad Safei sudah terlanjur bertekad menciptakan Kabupaten Kolaka yang bersih dan sehat. Sektor kesehatan merupakan salah satu program prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka di bawah kendali Bupati, H Ahmad Safei. Pasangan Muhammad Jayadin itu terus berinovasi untuk mengoptimalkan kesehatan warganya.

Bupati Kolaka H Ahmad Safei (dua dari kiri) meninjau Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Patioso di Kelurahan Induha, Kecamatan Latambaga, Selasa (3/11) kemarin. Fasilitas TPA sampah ini sangat strategis menopang program bupati untuk menciptakan Kolaka bersih dan sehat

Langkah itu dilakukannya sejak periode pertama menjabat hingga periode kedua. Tahun ini, targetnya Kolaka harus bebas dari sampah. Bukan target muluk-muluk. Bupati Ahmad Safei bahkan menyediakan dan mendukung pembangunan fasilitas memadai untuk menciptakan Kolaka tanpa sampah. Fasilitas tempat pemrosesan akhir (TPA) Sampah Patioso salah satu bukti bentuk dukungan Ahmad Safei dalam kebersihan dan kesehatan lingkungan di Kabupaten Kolaka.

Fasilitas TPA yang terletak di Kelurahan Induha, Kecamatan Latambaga diresmikan BUpati Kolaka, Ahmad Safei, Selasa (3/11) kemarin. TPA Sampah tersebut diresmikan setelah dilakukan serah terima dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra kepada Pemkab Kolaka.

Dalam sambutannya, Bupati Kolaka H Ahmad Safei mengatakan, sampah merupakan sebuah persoalan yang harus disikapi bersama. Menurutnya, jika sampah tidak ditata dengan baik maka tidak hanya akan menimbulkan masalah lingkungan, tetapi juga masalah kesehatan. Untuk itu, agar masalah tersebut tidak terjadi, maka dirinya meminta seluruh masyarakat Bumi Mekongga, khususnya yang ada di Kota Kolaka untuk mengoptimalkan keberadaan TPA sampah tersebut.

“Dengan adanya TPA ini, saya berharap tidak ada lagi warga yang membuang sampah secara sembarangan. Selain itu, agar memudahkan petugas sampah, pemilahan sampah organik dan non organik maupun limbah B3 dimulai dari rumah tangga. Supaya sampah yang di TPA betul-betul sampah yang hasil pengolahan sehingga volumenya tidak terlalu banyak,” tutur Bupati Kolaka Ahmad Safei, kemarin.

Selain meresmikan TPA sampah, di tempat yang sama Safei juga meresmikan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT). Kata Safei, IPLT merupakan hal yang baru di Kabupaten Kolaka. Ia berharap, dengan adanya IPLT tersebut maka persoalan tinja di wilayah otorita dapat diselesaikan. “Tinja akan menjadi masalah kalau tidak dikelola dengan baik. Sebab jika dibuang secara sembarangan maka akan menjadi sumber penyakit,” tegasnya.

Bupati Kolaka dua periode ini mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan keberadaan IPLT tersebut kepada sejumlah masyarakat. Hasilnya, semua warga meresponsnya dengan baik. “Saat sosialisasi, beberapa warga mengajukan permintaan untuk diisapkan tempat pembuangan tinjanya. Sebab ini biayanya jauh lebih murah dibanding dengan membangun septic tank yang baru,” ujar Safei.

Di tempat yang sama, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara, Mustaba menjelaskan, TPA Sampah Patioso mulai dibangun tahun 2012. Namun, dalam perjalanannya setiap tahun anggarannya tidak pernah rampung. “Tapi dengan terbentuknya balai diberikan wewenang untuk memperbaiki sehingga TPA sampah ini layak untuk diserahterimakan oleh Pemkab Kolaka. Pemkab Kolaka juga sudah berkomitmen untuk memelihara dan itu bentuk tanggung jawab,” jelasnya.

Untuk IPLT, kata Mustaba instalasi itu juga sudah lama difungsikan. Hanya saja selama ini belum ada kendaraan yang dapat difungsikan. “Tapi dengan inovasi yang dilakukan OPD Kolaka, maka hari ini kita dapat saksikan sudah ada mobil tinja yang siap untuk menyedot lumpur tinja dari septic tank warga. Di kota besar, banyak menerapkan seperti ini. Ketimbang membangun septic tank baru, bisa menghabiskan anggaran hingga puluhan juta. Sedangkan ini biaya untuk menyedot tinja hanya Rp 100 ribu sampai 200 ribu saja dan itu bisa bertahan satu tahun bahkan bisa lebih lama,” pungkas Mustaba. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy