Abu Hasan : Kearifan Lokal Bisa Bangkitkan Ekonomi Daerah – Kendari Pos
Politik

Abu Hasan : Kearifan Lokal Bisa Bangkitkan Ekonomi Daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak memimpin Buton Utara (Butur) tahun 2015, Abu Hasan telah banyak merealisasikan program ekonomi untuk mensejahterakan warganya. Salah satunya, pengembangan kearifan lokal. Jika terpilih di pilkada 9 Desember 2020 mendatang, duet Abu Hasan-Suhuzu, akan memberi perhatian serius pada sektor kearifan lokal. Sektor tersebut dinilai bukan hanya bisa memberi sumbangsih secara ekonomi, namun juga menyangkut warisan budaya lokal yang telah diwariskan secara turun temurun.

Calon Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan saat berkampanye.

Calon Bupati Butur petahana Abu Hasan mengatakan, salah satu kearifan lokal daerah yang menjadi perhatian penting yaitu pengembangan kerajinan tenun. Proses pembuatan kain dengan menggunakan benang secara melintang, melebar, dan memanjang itu terus dijaga kelestariannya hingga kini. Pemkab melalui Dekranasda senantiasa memberikan edukasi, sosialisasi kepada pengrajin tenun dan masyarakat agar bersinergi melestarikannya. Tenun tradisional bagian ciri khas daerah.

“Alhamndulillah, di Butur semua kecamatan terdapat kelompok ataupun personal pengrajin tenun tradisional. Alokasi biaya pengembangannya sangat besar. Kedepan kita akan coba tingkatkan. Agar pengembangannya bisa maju, modern, dan lebih menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Abu Hasan kepada Kendari Pos, Kemarin.

Pangsa pemasaran hasil tenun, kata dia, akan coba lebih diluaskan hingga nasional dan mancanegara. Di awali dengan promosi yang berkelanjutan, agar bisa lebih dikenal luas. Ini bagian strategi meningkatkan perekonomian masyarakat maupun daerah.

“Ada satu hari khusus yang ditentukan bagi pegawai lingkup pemkab Butur untuk mengenakan pakaian adat. Selain mengokohkan kelestarian budaya, juga sebagai cara sosialisasi pengenalan pakaian adat lokal agar dikenal lebih luas. Di satu sisi, diselenggarakan pembinaan terhadap pengrajin tenun untuk meningkatkan kemampuan. Tujuannya mendorong mereka menciptakan inovasi melalui varian-varian baru. Namun dengan tetap berbasis budaya lokal” tandasnya. (ali/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy