981 Aset Pemkot Kendari Belum Disertifikatkan – Kendari Pos
Metro Kendari

981 Aset Pemkot Kendari Belum Disertifikatkan


KENDARIPOS.CO.ID — Persoalan aset masih menjadi “PR” Pemkot Kendari. Hingga kini, sebanyak 981 bidang tanah belum tersertifikasi. Atas dasar itu, Pemkot Kendari begitu serius mendata aset-aset yang belum terlegitmasi. Tahun ini, pemerintah menargetkan bisa merampungkan pensoalan asetnya.

Kabid Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kendari, Andi Ashar mengungkapkan aset tanah pemkot yang bersertifikat baru sekitar 195 bidang dari 1.176 bidang. “Jadi masih ada 981 bidang yang belum tersertifikat. Kemudian masih ada dua aset tanah pemerintah yang masih bermasalah dengan pihak ketiga,” ungkapnya, kemarin.

Adapun bidang tanah yang belum disertifikatkan tersebut sambungnya, mencakup lahan kosong dan lahan dengan bangunan fasilitas umum seperti sekolah. Pihaknya pun secara bertahap berusaha melengkapi dokumen kepemilikan sejumlah bidang tanah tersebut. “Tahun ini kami targetkan seluruh aset tanah milik pemkot disertifikatkan,” kata Andi Ashar.

Sementara untuk aset kendaraan, Andi Ashar mengaku telah melakukan penarikan terhadap sejumlah aset yang dikuasai oleh pihak yang tidak berhak. “Kemarin ada 22 kendaraan kami tarik yang dikuasai para purna abdi negara karena sudah tidak jadi haknya lagi. Rinciannya, 7 unit kendaraan roda empat dan 15 unit roda dua. Sehingga total aset kendaraan pemkot aman sebanyak 1.138 unit,” ungkapnya.

Merespon masih adanya aset tanah pemkot yang belum bersertifikat, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berjanji akan segera melakukan interverisir ulang termasuk segera menuntaskan masalah sengketa dengan pihak ketiga untuk segera dilakukan persertifikatan.

“Saya sudah instruksikan BKAD untuk segera membangun komunikasi dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional). Memang ini bukan perkara yang mudah, karena kita harus kordinasikan hingga tingkat dibawah agar dalam pelaksanaannya tidak ada yang dirugikan termasuk masyarakat. Tapi kami akan mengamankan apa yang menjadi aset atau hak pemerintah supaya kedepan tidak timbul hal yang tidak diinginkan seperti klaim mengklaim. Insya Allah, tahun ini kita clearkan,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy