53 Jamaah di Baubau Direkomendasikan Ikut Umrah – Kendari Pos
Bau-bau

53 Jamaah di Baubau Direkomendasikan Ikut Umrah


KENDARIPOS.CO.ID — Harapan umat Islam untuk kembali menunaikan ibadah umrah, kini bisa terwujud. Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali akses ke Tanah Suci, setelah sebelumnya ditutup sementara karena pendemi virus corona. Jamaah umrah asal Sulawesi Tenggara (Sultra) termasuk dari Kota Baubau sudah dapat mempersiapkan diri. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, Rahman Ngkaali, mengatakan, tindak lanjut atas kebijakan penyelenggaran ibadah umrah oleh Pemerintah Arab Saudi telah dilakukan. Termasuk soal pembatasan usia jamaah. “Terpenting bagi kita adalah soal pembatasan usia. Mereka yang usia di bawah 18 tahun dan di atas 50 belum dibolehkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk melaksanakan umrah,” ujarnya, Senin (16/11).

Rahman Ngkaali

Rahman Ngkaali menjelaskan, terkait kebijakan tersebut pihaknya telah melakukan identifikasi calon jamaah. Mereka yang usianya tidak memenuhi ketentuan disyaratkan Pemerintah Arab Saudi, ditunda keberangkatannya. “Dari satu minggu yang lalu, saya sudah mengeluarkan rekomendasi pada 53 orang untuk mengurus visa. Rekomendasi imigrasinya juga sudah selesai dan sekarang tinggal menunggu jadwal keberangkatan,” terangnya.

“Seluruh yang kita rekomendasikan adalah mereka dengan usianya memenuhi ketentuan. Kemudian seluruh calon jamaah diwajibkan mengikuti dan memenuhi petujuk protokol kesehatan sesuai yang telah ditentukan,” sambung Rahman Ngkaali. Kata dia, ada banyak calon jamaah umrah yang telah mendaftar dan masuk kategori tunggu. Termasuk mereka yang usia 50 tahun ke atas. Hanya saja karena adanya pandemi virus corona yang mengakibatkan terjadinya penundaan umrah, maka sebagian jamaah memilih menarik dana pendaftarannya.

“Dulu para jamaah diberi dua opsi. Uangnya ditarik atau menunggu kapan Arab Saudi memperbolehkan pelaksanaan umrah. Para jamaah ada yang menarik uangnya dan ada yang tetap menyimpan. Saat pelaksanaan ibadah dibolehkan, maka mereka yang tetap menyimpan uangnya menjadi prioritas,” ucapnya. Ia menambahkan, kepada para jamaah yang belum bisa berangkat karena pembatasan usia agar bersabar. Jika tiba saatnya status kewaspadaan Covid-19 dicabut, maka semua akan diberangkatkan sesuai antrean. “Kebijakan itu milik Pemerintah Arab Saudi. Kita di Indonesia mengikuti itu. Jadi berdoa dan bersabar saja, semoga pademi ini cepat berlalu sehingga pelaksanaan umrah kembali normal,” harap Kepala Kemenag Kota Baubau itu. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy