2021, Wisuda Mahasiswa UHO Ditentukan Pusat – Kendari Pos
Edukasi

2021, Wisuda Mahasiswa UHO Ditentukan Pusat

KENDARIPOS.CO.ID — Perubahan menuju kampus global terus ditunjukkan Universitas Halu Oleo (UHO). Setelah sukses mengantongi akreditasi A pada sejumlah Prodi nya, kampus yang dipimpin Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., siap menerapkan aturan baru terkait wisuda.

Saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (9/11), Rektor UHO, Prof. Zamrun, menjelaskan bahwa mulai tahun 2021 mahasiswa UHO akan mengikuti wisuda wajib melengkapi administrasi pengusulan no ijazah nasional. Hal itu sesuai peraturan menteri tentang penomoran ijazah alumni.

“Pengusulan no ijazah ini sepenuhnya kewajiban institusi, mahasiswa tinggal melengkapi syarat administrasi, diantaranya minimal telah lulus 120 SKS. Bila semua ok, tinggal diusul ke Dikti. Nanti akan diverifikasi pusat, siapa saja yang ditetapkan memiliki no ijazah nasional maka merekalah yang akan mengikuti wisuda. Jadi, bisa saja jumlah setiap wisuda ke depannya berkurang atau lebih banyak, tergantung pusat,” terang Prof Zamrun.

Menurut Ketua KAGAMA Sultra ini, kebijakan yang telah diterapkan pada sejumlah kampus di tanah air ini, sebenarnya sebatas penataan administrasi saja. Utamanya untuk melihat bagaimana pelaksanaan kurikulum sehingga memudahkan perbaikan ke depannya. Dan pastinya ini jauh menguntungkan alumni.

“Track record aktivitas akademik mahasiswa terinci dengan baik. Setiap matakuliah mahasiswa pun akan di cek, by sistem. Kita punya siakadbeta, sistem informasi akademik online UHO
yang memuat riwayat akademik mahasiswa. Sistem ini akan diconnect-kan dengan kebutuhan administrasi pengusulan no ijazah mahasiswa,” tambah rektor yang fasih sejumlah bahasa asing ini.

Ia pun memastikan pelaksanaan waktu wisuda akan sama saja. Hanya karena baru penyesuaian, tahun depan periode wisuda akan diperpanjang untuk menyiapkan administrasi mahasiswa yang bermohon wisuda. Pastinya, UHo sudah siap menerapkan sesuai Permendikti yang menyebutkan wajib dilaksanakan tahun 2021. (lia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy