200 Kilometer Jalan di Buton Belum Mulus – Kendari Pos
Buton

200 Kilometer Jalan di Buton Belum Mulus


KENDARIPOS.CO.ID — Meski merupakan daerah penghasil aspal terbesar di dunia, akses jalan di Pulau Buton rupanya tak semua mulus. Justru masih ada beberapa titik yang berlubang atau pun belum tersentuh aspal sama sekali. Alasan utamanya karena keterbatasan anggaran. Aspal yang dikandung perut bumi Buton masih berupa bahan mentah. Butuh proses dan biaya besar untuk memproduksinya menjadi material melabur lintasan pacu kendaraan yang mulus.

Jufri Tandena

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buton, Jufri Tandena, mengatakan, total jalan kabupaten yang membingkai daerah adalah sepanjang kurang lebih 450 kilometer. Dari jumlah itu sekitar 40 persen dalam kondisi kurang baik atau butuh peningkatan. “Dari semua jalan yang menjadi kewajiban kabupaten, itu masih ada 200 kilometer yang masih butuh peningkatan. Itulah utang kita pada masyarakat,” jelasnya, Minggu (15/11).

Untuk melunasi utang jalan mulus itu, Pemkab hanya mampu melakukan perbaikan secara bertahap setiap tahunnya. Tidak bisa ditangani sekaligus. Sebab untuk satu kilometer jalan saja, alokasi anggarannya mencapai Rp 1,3 miliar hingga Rp 1,5 miliar. “Itu untuk lebar standar enam meter,” tambahnya. Yang membanggakan kata dia, Pemkab masih setia dengan produk lokal yakni aspal Buton dalam pengaspalan jalan. “Kita tidak pernah pakai hotmix, pakai sapal Buton terus. Kualitas sama kok,” terang Jufri Tandena.

Mantan Camat Kapontori itu melanjutkan, untuk tahun depan pihaknya belum menentukan berapa kilometer jalan yang akan ditangani dengan status peningkatan itu. Selain karena belum ada angka anggaran yang akan menjadi hak Dinas PU, tahun depan agenda prioritas PU adalah membuka akses jalan baru Mantowu-Lawele sepanjang 28 kilometer. Tak hanya itu, PU juga menjadi leading sektor pembangunan sarana prasarana persiapan Porprov tahun 2022. “Saya belum tahu. Kita lihat dulu anggaran yang tersedia,” tutup Jufri Tandena. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy