Wali Kota Kendari Dorong Pemanfaatan Aplikasi Layanan Elektronik – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Dorong Pemanfaatan Aplikasi Layanan Elektronik

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkup pemerintahannya. Tak heran, ia begitu getol merubah sistem layanan manual menjadi digital. Kerja kerasnya itu kini membuahkan hasil. Sejumlah layanan berbasis online telah diterapkan Pemkot Kendari. Diantaranya, Layanan Aplikasi Kendari (Laika), Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) elektronik, aplikasi Jaga Kendari (Jari) hingga Pajak Menyapa (Jakpa).

Layanan inovasi berbasis informasi teknologi mulai dirasakan manfaatnya. Tidak hanya warga, namun juga mengefektifkan sistem kerja birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel. Melalui aplikasi Laika misalnya, proses pendataan dan pengarsipatan data administrasi masyarakat lebih teratur.

“Keberadaan sistem digitalisasi layanan ini benar-benar mempermudah kinerja penyelenggaraan pelayanan di kelurahan dan kecamatan. Di sisi lain, meningkatkan kualitas pelayanan melalui sistem terkomputerisasi,” kata H. Sulkarnain Kadir kemarin.

Demikian halnya dengan SPPD elektronik. Kini, proses lebih mudah sebab jalur birokasinya telah dipangkas sehingga lebih simpel. “Selama ini masih manual dan lama, serta butuh tatap muka. Dengan sistem ini, tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan sebuah disposisi baik dari Sekot maupun Wali Kota,” kata Sulkarnain.

Sistem penggunaan SPPD elektronik juga dibuat sebagai bentuk pengendalian bagi pejabat atau ASN lainya. “Layanan ini sangat ampuh untuk memonitor pergerakan ASN. Misalnya saat ASN perjalanan dinas, mereka terpantau dari segi biaya dan lainnya. Semua By System sehingga sangat kecil kemungkinan penyalahgunaan anggaran perjalanan dinas,” jelasnya.

Untuk aplikasi Jari lanjut dia, merupakan komitmen dari Pemkot untuk memberantas perilaku suap, pungli dan gratifikasi (SPG) yang berpotensi terjadi pada beberapa layanan pemkot utamanya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) maupun di kantor kelurahan dan kecamatan.

“Gagasan Jari menjadi semangat bersama. Optimalkan mekanisme kerja di internal pemkot. Membangun sistem pengawasan, bukan hal yang mudah. Namun, sistem ini bisa menciptakan efisiensi dan upaya memberantas suap, pungli, dan gratifikasi. Aplikasi ini bisa diakses masyarakat melalui Google Play Store dan laman jari.kendarikota.go.id,” ungkapnya.

Terbaru kata dia, yakni layanan Pajak Menyapa (Jakpa). Sistem ini dibentuk untuk memudahkan warga membayar pajak. Warga tak perlu lagi ke kantor, namun cukup membayar melalui ponsel. Inovasi ini turut meminimalisir terjadinya kebocoran pajak sebab transaksi bisa dilakukan secara online. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy