Wali Kota Kendari Apresiasi Peran Tenaga Kesehatan : Dapat Insentif, Ditanggung BP Jamsostek – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Wali Kota Kendari Apresiasi Peran Tenaga Kesehatan : Dapat Insentif, Ditanggung BP Jamsostek


KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi kerja keras petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam melawan “serangan” wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Terima kasih dan rasa penghargaan setinggi-tingginya disampaikan wali kota kepada para dokter, perawat, dan manajemen rumah sakit yang melayani serta merawat pasien di tengah pandemi Covid-19. Merekalah pahlawan kemanusiaan yang berjasa menjaga dan merawat pasien Covid-19.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (kanan) menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan asuransi BP-Jamsostek kepada perwakilan tenaga kesehatan (Nakes).

Sebagai bentuk penghargaan, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memastikan sekira 400 tenaga kesehatan (Nakes) menerima insentif. Insentif tersebut diambil dari alokasi dana Belanja Tidak Terduga (BTT) serta hasil recofusing dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari.

“Seluruh petugas yang menangani langsung pasien kami berikan insentif. Setiap nakes akan berikan Rp 200 ribu per hari. Itu di luar insentif yang diatur oleh pemerintah pusat,” kata Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, Minggu (11/10) kemarin.

Bukan hanya itu, Wali Kota Kendari memberikan perlindungan melalui pengikutsertaan tenaga kesehatan dan dan seluruh relawan Covid-19 hingga ditingkat RT kedalam BP Jamsostek (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan).

“Kita semua ingin seluruh orang yang terlibat dalam penganganan Covid-19 dapat bekerja dengan tenang karena ini merupakan pekerjaan yang masuk kategori High Risk (risiko tinggi) dan ke depannya tidak hanya petugas kesehatan, tetapi seluruh personel gugus tugas Covid-19 akan didaftarkan ke dalam program ini,” ungkapnya.

Adapun perlindungan BP Jamsostek yang dimaksud, lanjut Sulkarnain yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). “Ini sudah jadi tanggungjawab pemerintah untuk melindungi mereka. Khusus RT/RW yang diasuransikan itu seluruhnya sebanyak 1.345 orang,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BP Jamsostek Sultra, setiap pekerja atau petugas yang mengalami kecelakaan dalam bekerja dan harus mendapat perawatan medis menjadi tanggungan BP Jamsostek. Adapun jika yang bersangkutan meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta dan jika meninggalkan anak maka akan mendapatkan santunan beasiswa hingga Rp 174 juta. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy