Usulan Direstui Menhub, Dishub Sultra Bakal Hadirkan Bus Laut – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Usulan Direstui Menhub, Dishub Sultra Bakal Hadirkan Bus Laut

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi pariwisata Bumi Anoa sangat menjanjikan. Berbagai spot menarik terhampar dari utara hingga selatan jazirah Sultra. Mulai dari Kota Kendari, Konawe Utara, Wakatobi dan lainnya. Namun, terbatasnya moda transportasi membuatnya kurang terjamah. Hal itulah yang kemudian mendorong mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra merancang “Bus Laut”.

DR. IR. H. HADO HASINA

“Ada satu permintaan Pak Gubernur (Ali Mazi) yakni pengadaan Bus Laut. Tapi ini untuk melayani penumpang menuju lokasi wisata. Bukan untuk penumpang umum,” kata Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina, kemarin. Pengadaan Bus Laut, lanjut mantan Pj Wali Kota Baubau ini, masih harus menunggu proses di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sejauh ini, Menteri Perhubungan (Menhub) telah memberi restu. Bahkan untuk pengadaannya, Menhub bersedia untuk membantu. “Jadi, bus laut itu akan melayani Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) Kendari dan sekitarnya serta KPPN Wakatobi dan sekitarnya. Kapasitasnya sekitar 50 – 70 penumpang. Permintaannya sudah ada di meja menteri. Sudah disetujui dan kita akan dibantu,” jelasnya.

Mantan Plt Sekda Buton Utara (Butur) ini meyakini, Bus Laut dapat menunjang pengembangan destinasi pariwisata unggulan Kota Kendari dan Wakatobi. Selain itu, juga sebagai penopang sampul transportasi Sultra yang belum lama ini diresmikan pembangunannya oleh Kemenhub. “Bus Laut akan sangat efektif untuk sarana angkutan khusus wisatawan. Tujuannya menuju pulau-pulau kecil di Kabupaten Wakatobi yang saat ini telah menjadi salah satu dari KPPN Sultra. Bahkan, menjadi satu dari sepuluh destinasi pariwisata unggulan Indonesia,” ujarnya.

Bangun Infrastruktur Simpul Transportasi

Gubernur Sultra, Ali Mazi ingin menghubungkan 17 kabupaten/kota di Sultra agar bisa meningkatkan daya saing daerah. Makanya, perlu ada perencanaan matang tentang simpul-simpul transportasi. Ini juga bisa menopang Bus Laut yang dicanangkan Dishub Sultra. Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina ternyata sudah merealisasikan itu.

Menurutnya, membangun simpul transportasi merupakan implementasi program unggulan AMAN. Yaitu Program Garbarata (Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan). Salah satu misi mewujudkan hal itu dengan meningkatkan konektivitas dan kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur.

“Kita membangun simpul transportasi di tiga kawasan pengembangan pariwisata nasional (KPPN). Tiga pembangunan infrastruktur dimaksud yakni pembangunan Terminal A Puuwatu di Kota Kendari, pelabuhan penyeberangan Kaledupa, Tomia, Binongko di Wakatobi dan pelabuhan penyeberangan Siompu Kadatua di Buton Selatan,” ungkap Hado Hasina.

Hado mengaku, tiga simpul transportasi itu menelan anggaran sekira Rp 300 miliar. Anggaran itu sepadan dengan manfaat yang bakal didapatkan masyarakat dan juga pemda nantinya. Sebab, pembagunan simpul transportasi tersebut merupakan implementasi tiga kawasan pengembangan pariwisata nasional (KPPN) yang digaungkan Presiden RI Joko Widodo. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy