UN Diganti Jadi Asesmen Nasional, Sekolah Diimbau Siapkan Sarpras – Kendari Pos
Edukasi

UN Diganti Jadi Asesmen Nasional, Sekolah Diimbau Siapkan Sarpras

Muchdar Alimin


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan kebijakan terkait peniadaan Ujian Nasional (UN) tahun 2021. Ujian tersebut l diganti menjadi Assesmen Nasional.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Dikmudora Kendari pun menindaklanjuti dengan mengimbau setiap sekolah untuk mempersiapkan sarana dan prasarana (Saspras).

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin, M.Pd, menuturkan pihaknya langsung merespon cepat atas kebijakan pemerintah pusat itu. “Terkait Asesmen Nasional, karena ini hal baru yang akan diterapkan didunia pendidikan pastinya memerlukan banyak persiapan dan ini tidak mudah. Makanya mulai sekarang kami sudah mengingatkan sekolah untuk menyiapkan sarana dan prasarananya, karena Asesmen ini akan dilaksanakan secara online. Karenanya karenanya butuh persiapan yang matang, terlebih lagi kita juga sudah mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi kepada semua tenaga pendidik, tentunya itu merupakan sebuah langkah awal,” ungkap Muchdar, kemarin (11/10).

Diakuinya bahwa Asesmen Nasional, sangat berbeda dari UN yang hanya menyasar kelas akhir. Di Asesmen mulai tingkat bawah karena mereka perlu persiapan untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

“Dalam Asesmen Nasional, yang disasar itu SD kelas 5, dan SMP kelas 8, ini diberlakukan agar para siswa-siswi bisa meningkatkan kompetensi dalam satu tahun, sehingga ketika nanti di kelas akhir mereka sudah matang, dan bisa mengikuti ujian sekolah dengan baik,” paparnya.

Terkait apa yang menjadi penekanan dari Asesmen Nasional, berdasarkan beberapa aspek yang poin utamanya lebih mengarah pada peningkatan kemampuan serta kuantitas dari siswa.

“Dalam Asesmen Nasional, itu fokus pada peningkatan literasi dan numerasi, dimana literasi itu kemampuan baca, serta numerasi itu kemampuan berhitung, serta survei karakter untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan karakter para siswa, dan ada survei lingkungan belajar. Nantinya ini akan menjadi penilaian bagi pemerintah kota dan juga pusat, bagaimana memetakan setiap sekolah, dimana letak ketidakmampuanya sehingga akan menjadi kebijakan baimana untuk menentukan standar kompetensi siswa,” pungkas Muchdar. (m5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy