Tingkatkan Performance, ASN Pemkot Kendari Berguru ke Kota “Angin Mamiri” – Kendari Pos
Metro Kendari

Tingkatkan Performance, ASN Pemkot Kendari Berguru ke Kota “Angin Mamiri”


KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain menginginkan jajarannya bisa hadir sebagai telandan di tengah masyarakat. Olehnya itu, orang nomor satu di Kota Kendari ini mendukung upaya pengembangan kualitas aparatur, layanan maupun inovasi. Ia meyakini kinerja pemerintah akan maksimal bila di back up Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kompetensi dan kreatif.

“Saya ingin aparatur di lingkup Pemkot Kendari bisa jadi teladan. Selalu menghadirkan inovasi, kreasi dan kolaborasi dengan semua pihak. Saya sudah instruksikan kepada mereka (ASN) untuk tidak malu dikritik, jangan malu belajar. Cari ilmu atau inovasi yang bermanfaat. Kalau baik bisa diduplikasi untuk diterapkan didaerah kita. Saya rasa itu wajar saja asalkan demi kebaikan,” kata Sulkarnain.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir

Ia pun mengapresiasi beberapa apraturnya yang melakukan konsultasi terkait Smart Audit di Inspektorat Kota Makassar. “Ini sangat baik. Semoga aparat kita di Inspektorat bisa semakin baik performance nya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, saya harapkan mereka bisa berinovasi, menggagas ide-ide untuk pengawasan dan pembangunan daerah,” jelasnya.

Sebelumnya (28/09), Inspektorat Kota Kendari melakukan konsultasi Smart audit, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di Inspektorat Kota Makassar.

“Kunjungan ini dalam rangka konsultasi aplikasi smart auditing dan peningkatan kapabilitas APIP menuju level tiga, sehingga bisa di terapkan di kota kendari,” ungkap Inspektur Pembantu (Irban) 3 Inspektorat Kota Kendari, Iswanto Donge.

Konsultasi ini di sambut hangat kepala Inspektorat Kota Makassar, H. Zainal Abidin beserta jajaran. Dalam pertemuan itu, Zainal memberikan pemaparan soal inovasi Smart Auditing Inspektorat Kota Makassar.

Zainal menjelaskan, aplikasi smart auditing ini bertujuan untuk mempermudah dalam hal pengawasan dan periksaan sebab bisa dilakukan secara real time. Terlebih di masa pandemik ini kata Zainal, dimana melalui aplikasi ini pemeriksaan tidak perlu melakukan tatap muka. “Kunjungan Inspektorat ini sangat baik. Sebab bisa berbagi pengalaman. Kami juga bisa juga mendapatkan refensi lain,” ujar Zainal.

Di kesempatan yang sama, Sekertaris Inspektur Kota Makassar H. Dahyal mengatakan aplikasi smart audithing ini adalah projek perubahan Inspektur Kota Makassar tahun 2016. Aplikasi smart auditing ini bertujuan untuk mempermudah proses pengawasan dan pemeriksaan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Lebih lanjut, Dahyal mengungkapkan aplikasi ini adalah bentuk kerjasama antara Inspektorat dan BPKAD Kota Makassar. “Dalam menyediakan aplikasi smart auditing ini, yang perlu sediakan adalah infrastruktur pendukung seperti, komputer scanner, jaringan internet serta kesiapan untuk membangun sistemnya, sebab aplikasi ini terintegrasi dengan sistem pengelolaan keungan,” ungkapnya.

Beberapa keunggulan yang tersemat dalam aplikasi ini ungkap Dahyal yakni pelaksanaan pemeriksaan dokumen Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dapat dilakukan secara real time karena sistemnya online. Kemudian pemeriksaan lebih cepat karena data pada sistem dapat digunakan sebagai bahan informasi pendahuluan.

Selanjutnya, dokumen SPJ lebih teratur dan dapat dilakukan deteksi awal terhadap kekurangan dokumen SPJ, pelaporan dokumen SPJ tepat waktu oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), akses terhadap dokumen SPJ menjadi mudah dan terdapat database dokumen SPJ seluruh SKPD secara terpusat. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy