Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Konkep Bentuk Relasi – Kendari Pos
Politik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Konkep Bentuk Relasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya agar Pilkada berjalan sukses. Lembaga yang dipimpin Iskandar itu mengukuhkan 21 relawan demokrasi (Relasi), yang akan bekerja membantu KPU meningkatkan partisiasi pemilih.

Ketua KPU Konkep, Iskandar mengatakan, ada tujuh basis yang menjadi sasaran Relasi dalam kurun waktu dua bulan. Yaitu, basis warga internet, disabilitas, marjinal, pemilih perempuan, pemilih, pemilih keluaraga dan basis pemilih keagamaan.

Ketua KPU Konkep, Iskandar dan Komisioner KPU Konkep, Bahrun, saat mengedukasi 21 tenaga Relasi, untuk meningkatkan partisipasi pemilih

“Masing-masing basis pemilih ada tiga orang yang akan bekerja untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Kami mengambil jalan tengahnya tiga orang dalam satu basis, agar tidak menciptakan kerumunan orang,” kata Iskandar usai melantik Relasi di aula KPU Konkep, Selasa (6/0).

Dia mengatakan, tujuan untama dibentuknya Relasi untuk membantu tugas-tugas KPU dalam hal meningkatkan angka partisiasi pemilih di Pilkada tahun ini. “Setelah kami lakukan evaluasi Relasi saat pilcaleg 2019, ternyata salah satu untuk meningkatkan partisipasi pemilih itu dengan hadirnya Relasi.

Iskandar belum bisa menargetkan partisiasi pemilih pada Pilkada tahun ini. Alasannya lembaganya belum menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada 9 Desember mendatang. “Kami tidak mematok berapa persen, minimal tidak ada lonjakan penurunan jumlah pemilih pada setiap momen pelaksanaan pesta demokrasi. Baik itu Pigub, Pilbup maupun Pilcaleg. Sekarang kami lagi tapa vinalisasi DPT. Karena yang menjadi angka penentu partisipasi pemilih itu adalah DPT. Kalau DPT tidak tuntas maka akan berpengaruh terhadap partisipasi itu sendiri,” jelas alumni PKN FIKP Universitas Halu Oleo itu.

Ia berharap 21 Relasi untuk tetap menjaga integiritas. Sehingga selama melaksanakan sosialisasi tidak menguntungkan salah satu pasangan calon. “Relasi ini menjadi salah satu tumpuan kami dalam hal meningkatkan partisipasi pemilih. Jadi selama sosialisasi harus netral,” tandasnya. (san/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy