Tampil di Web Expo Pameran Inovasi, Aplikasi Jari Tuai Pujian LAN – Kendari Pos
Metro Kendari

Tampil di Web Expo Pameran Inovasi, Aplikasi Jari Tuai Pujian LAN

KENDARIPOS.CO.ID — Gelaran Web Expo Festival Pameran Inovasi yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Makassar meninggalkan cerita manis. Program Jaga Kendari atau Jari yang ditampilkan Pemkot Kendari menuai pujian.

Sekot Kendari, Hj Nahwa Umar (jilbab pink) bersama Kepala Inspektorat Kendari, Syarifuddin di gelaran Web Expo Festival Pameran Inovasi yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Makassar.

Kepala LAN RI, Adi Suyanto mengatakan inovasi daerah itu (JARI) sangat baik karena dapat memberi kemudahan pelayanan bagi masyarakat sekaligus pengawasan pada instansi terkait.

“Inovasi ini sangat tepat dan dapat diterapkan oleh daerah lain. Bisa jadi contoh untuk meningkatkan kualitas pelayanan terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang tidak memungkinkan orang untuk bertatap muka,” kata Adi Suyanto.

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin mengungkapkan alasan utama yang mendasari pihaknya menghadirkan aplikasi JARI dikarenakan pelayanan publik kerap mendapatkan kritikan oleh masyarakat salah satunya layanan administrasi kependudukan di Disdukcapil kota Kendari.

Untuk mendapatkan pelayanan kependudukan, lanjut Syarifuddin, tak jarang oknum memanfaatkan hal tersebut sehingga membuka ruang terjadinya pungli, suap dan gratifikasi (SPG).

“Untuk mereduksi SPG (suap, pungli dan gratifikasi) maka pelayanan publik berbasis online (digital) kami gagas agar hak masyarakat kota Kendari bisa terlayani sesuai SOP yakni melalui aplikasi JARI,” kata Syarifuddin.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan bahwa inovasi aplikasi JARI merupakan bagian dari upaya pihaknya mensukseskan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) yang digaungkan Presiden Agustus lalu.

Ia berkomitmen untuk menghindari dan akan berupaya keras mencegah potensi praktik-praktik korupsi. “Sesuai instruksi Presiden, kita harus membangun aspek-aspek pencegahan anti korupsi didaerah sepert menghadirkan inovasi pencegahan anti korupsi,” tuturnya.

Selanjutkan, kata Sulkarnain, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya pengawasan pelayanan publik terkait pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk Program Subsidi Pemerintah, penerapan e-Katalog dan “marketplace” dalam pengadaan barang dan jasa, keuangan desa, penerapan manajemen antisuap, pemanfaatan peta digital dalam pelayanan perizinan berusaha, dan reformasi birokrasi.

“Alhamdulillah, upaya pencegahan korupsi di Kota Kendari kami sudah lakukan. Belum lama ini kita sudah menghadirkan program Jaga Kendari (JARI),” kata Sulkarnain.

Melalui program JARI, Sulkarnain yakin baik antara ASN dan masyarakat dan pihak terkait itu bisa saling menjaga. Sebab, dalam dalam inovasi tersebut, terdapat fitur seperti publikasi data dan layanan, saluran pengaduan dan fitur mesin antrian.

“Aplikasi Jari ini merupakan salah satu solusi mencegah korupsi, sehingga setiap orang punya hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan administrasi pemerintahan. Semua orang berurusan dengan pemerintah bebas suap pungli dan gratifikasi,” kata Sulkarnain.

Tak sekadar komitmen membangun sistem yang baik, namun wali kota berharap seluruh ASN Pemkot Kendari berkomitmen mengimplementasikannya dalam aktivitas sehari-hari. Motivasi kerja yang positif akan lahir jika sistemnya didesain menciptakan kinerja dan pelayanan yang optimal.

“Gagasan Jaga Kendari menjadi semangat bersama. Optimalkan mekanisme kerja di internal Pemkot. Membangun sistem pengawasan, bukan hal yang murah. Namun, sistem ini bisa menciptakan efisiensi dan upaya memberantas suap, pungli, dan gratifikasi,” ungkap Sulkarnain. (b/adv/ags)

Program Jaga Kendari

  1. Pelayanan Lebih Mudah dan Cepat
  2. Berantas Praktek Pungli
  3. Tahap Awal Hanya Disdukcapil, Kecamatan dan Kelurahan
  4. Terintegrasi dengan Program Jaga KPK
  5. Bisa Diakses Melalui Website Pemkot Kendari
  6. Sementara Digagas Berbasis Android
  7. Warga Bisa Menyampaikan Keluhan

Fitur Baru Apilkasi JARI
-Layanan Perbaharui Data NIK, Nama, TTL di KTP-el atau KK
-Disesuaikan dengan Layanan Berbasis Online
-Seperti Pembuatan Rekening Bank, BPJS, Kartu Selelur dan Lainnya
-Konsolidasinya Hanya 1×24 Jam

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy