Tambah Jam Pelayanan, DPM-PTSP Kota Kendari Buka Weekend Service – Kendari Pos
Metro Kendari

Tambah Jam Pelayanan, DPM-PTSP Kota Kendari Buka Weekend Service

KENDARIPOS.CO.ID — Urus perizinan di Kota Kendari kini semakin mudah. Tidak hanya karena bisa diakses secara online, tapi juga lantaran jam layanan telah ditambah. Kini, layanan perizinan masih tetap dibuka di akhir pekan atau hari Sabtu. Terobosan yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Kendari tak lain untuk mengakomodir warga yang tidak sempat mengurus izin di hari kerja (Senin-Jumat).

Suasana pelayanan izin di DPM-PTSP Kota Kendari.

Kepala DPMPTSP Kota Kendari, Hj. Satria Damayanti mengatakan akan terus melakukan terobosan untuk memudahkan proses perizinan. Makanya, pihaknya membuka layanan khusus hari Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wita. “Weekend service atau layanan perizinan akhir pekan merupakan salah satu produk unggulan DPMPTSP Kota Kendari. Diharapkan layanan ini dapat menyentuh langsung masyarakat atau pengusaha di Kota Kendari, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini,” tuturnya kemarin.

Selain bisa datang langsung di kantor DPMPTSP untuk mengurus izin, pihaknya juga membuka pelayanan izin secara daring. Ia memastikan pelayanan tak jauh berbeda dengan layanan tatap muka. Bahkan jika dilakukan secara online, akan mengurangi resiko penularan Covid-19.

“Layanannya tetap. Secara online pun kami layanani seluruh izin yang akan diurus warga. Totalnya sekira ada 62 layanan, mulai dari pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), Izin Lingkungan hingga pengaduan masyarakat,” jelasnya.

Hingga Juni 2020, jumlah izin yang telah diterbitkan pihaknya tercatat sebanyak 826 izin. Rinciannya, sebanyak 348 izin pada Maret, April 163, Mei 157, dan Juni sebanyak 158 izin. Ia menyebut, jenis perizinan yang paling banyak diurus warga yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Ditanya soal berapa kontribusi izin yang dikeluarkan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) ? Satria Damayanti mengaku tidak tahu persis berapa jumlahnya dikarenakan soal pendapatannya yang melekat di Organisasi Perangakat Daerah (OPD) teknis terkait.

“Untuk jumlahnya kami harus hubungi masing-masing OPD teknis terkait. Misalnya soal Izin Mendirikan Bangunan (IMB), itu ada di Dinas PUPR. Kemudian misalnya soal izin mendirikan apotek itu di Dinkes, kemudian izin perdagangan dan retribusi sampah itu adanya di DLHK,” pungkasnya. (b/ags)

Week End Service
-Sabtu Mulai Pukul 09.00-12.00 Wita
-Layanan Tatap Muka dan Online
-Melayani 62 Item Izin
-Sasar Pelaku Usaha dan Warga yang Sibuk di Hari Kerja

Izin yang Terbit Maret-Juni
Maret 348 Izin
April 163 Izin
Mei 157 Izin
Juni 158 Izin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy