Tak Tertata, Pengelolaan Pantai Berova Diambil Alih – Kendari Pos
Kolaka Utara

Tak Tertata, Pengelolaan Pantai Berova Diambil Alih


KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi destinasi wisata Pantai Berova yang selama ini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pitulua, Kecamatan Lasusua, kian tak terurus dan tidak pernah mencapai target pendapatan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) telah merencanakan untuk mengambil alih pengelolaan dan berada dalam kendali Dinas Pariwisata (Dispar). Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Taufik S., mengakui jika kondisi Pantai Berova jauh dari harapan. Sejumlah fasilitas yang ada mengalami kerusakan dan bahkan hilang. Capaian pendapatan asli daerah (PAD) yang diproyeksi sebelumnya juga sangat minim.

Taufik S

“Lebih baik dikelola Pemkab. Karena selain terkait perawatan, PAD tak pernah tercapai. Apalagi sejumlah sarana di dalamnya memang milik Pemkab,” tegasnya, Jumat (2/10).

Imbas dari minimnya capaian PAD berdampak pada pemeliharaan. Rumput liar tumbuh di mana-mana dan hanya tepat di garis pantai saja yang nampak bersih. “BUMDes pasti keaulitan karena kawasan yang akan dibersihkan memang cukup luas,” tutur Taufik. Menurut Sekab Kolut, ia tidak mengetahui pasti poin-poin perjanjian antara BUMDes dan Pemkab, kecuali soal target PAD sebesar Rp 70 juta yang tidak tercapai. Namun dirinya mengatakan BUMDes juga tidak bisa sepenuhnya disalahkan karena dari segi pembinaan juga dianggap masih kurang.

“Kalau soal destinasi lain saya pikir masih tepat kalau BUMDes masing-masing yang tangani. Namun untuk Pitulua sudah tepat diambil alih Pemkab,” tutupnya. Pantauan di Pantai Berova, selain tampak kotor, fasilitas di dalamnya banyak yang rusak, termasuk jembatan dermaga. Begitu juga kolam renangnya kotor, berlumut dan sampah kerap mengapung. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy