Sulkarnain Support Gagasan Gubernur

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mendukung gagasan Gubernur Sultra, Ali Mazi yang akan menjadikan Sultra sebagai provinsi percontohan program tujuan pembangunan berkelanjutan atau TPB-14. Apalagi Sultra khususnya Kota Kendari memiliki potensi sumber daya laut. Upaya ini tak untuk melindungi nelayan lokal maupun masyarakat pesisir.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan salinan dokumen ikrar secara simbolis kepada perwakilan nelayan.

Sebagai bentuk supportnya, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menandatangani salinan dokumen pelaksanaan program TPB di hadapan perwakilan masyarakat nelayan. “Kota Kendari merupakan salah satu daerah pesisir dan telah tergabung dalam TPB. Kita punya peran untuk mensukseskan program ini,” kata Sulkarnain, kemarin.

Dalam salinan itu sambungnya, Pemkot Kendari berkomitmen mendorong perilaku nelayan yang bertanggung jawab dalam pendaftaran kapal dan memantauan hasil tangkapan nelayan. Tidak hanya itu, pihaknya akan berpartisipasi dalam pengelolaan dan mematuhi peraturan dalam TPB-14.

“Kami turut menerima masukan dari Ketua Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri. Jika Pemkot Kendari ingin mengakselerasi pembangunan daerah, tidak hanya inovasi namun juga harus membangun sinergitas Pemprov Sultra. Makanya, kita harus dukung kebijakan gubernur. Saya yakin program ini bakal berimbas positif bagi masyarakat pesisir termasuk Kota Kendari,” kata Sulkarnain.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi menyatakan kesiapan dan komitmen menjadi provinsi model atau percontohan pencapaian TPB-14. Menurutnya, program ini bisa menjaga ekosistem laut. Seperti perlindungan dan pengelolaan secara berkelanjutan dari ekosistem pesisir dan laut untuk mencapai laut yang sehat dan produktif.

“TPB-14 mengutamakan penyediaan akses bagi nelayan kecil ke sumber daya laut dan pasar. Selain itu, mencegah Illegal Unreported Unregulated (IUU) fishing dan overfishing, serta melarang penangkapan ikan dengan teknik yang merusak,” jelas politisi Partai NasDem ini. (b/ags)

Program TPB-14
Perlindungan Terhadap Masyarakat Pesisir dan Nelayan
Pengelolaan Secara Berkelanjutan Ekosistem Pesisir dan Laut
Mendukung Peningkatan Manfaat Ekonomi
Mencegah Ilegal fishing dan Overfishing
Melarang Penangkapan Ikan dengan Teknik Merusak
Penyediaan Akses Nelayan Kecil ke Sumber Daya Laut dan Pasar

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.