Sulkarnain : Kedatangan Jokowi Jadi Spirit Membangun Daerah – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain : Kedatangan Jokowi Jadi Spirit Membangun Daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir kian merasa termotivasi membangun kawasan di sekitar Jembatan Teluk Kendari. Proyek senilai Rp 800,9 miliar ini tak hanya menghubungkan konektivitas, namun juga bakal mendorong roda perekonomian. Apalagi Pemkot Kendari punya rencana besar menata kawasan Kota Lama dan Abeli

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir

“Ini menjadi momentum bagi kita untuk terus berbuat. Menghasilkan karya-karya terbaik, berinovasi sehingga bisa membangun daerah. Hadirnya Bapak Jokowi di Kendari tentunya menjadi spirit bagi kita untuk membangun daerah,” kata Sulkarnain.

Dengan diresmikannya Jembatan Teluk Kendari tambahnya, ikut menggenjot pembangunan infrastruktur di sekitarnya. Tahun depan, pemerintah akan melanjutkan pembangunan jalan lingkar luar (Outer Ringroad). Jalur ini akan terhubung dengan jembatan tersebut.

“Outer Ringroad tentu nantinya akan kita kebut pembangunannya. Karena itu menjadi salah satu prioritas pembangunan kita. Saat ini tertunda karena anggaran pembangunannya mengalami recofussing atau dialihkan untuk penanganan wabah Covid-19. Akan tetapi kita akan tetap upayakan untuk penuntasannya ditahun 2021,” kata Sulkarnain.

Bukan hanya itu, penataan kawasan kumuh di kawasan Bungkutoko dan Petoaha akan terus berlanjut. Untuk tahun ini, pengerjaannya telah mencapai 85 persen. Diperkirakan, program kerjasama Pemkot Kendari bersama Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sultra akan rampung bulan Desember mendatang.

Penataan kawasan Bungkutoko dan Petoaha kata dia, mengusung konsep pengembangan daerah tepian pantai (Water Front City). Dengan konsep itu, pihaknya yakin dapat mengubah wajah kawasan ini menjadi lebih baik. Selain itu, bisa menggerakan roda ekonomi baru sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Konsep ini adalah mengembangkan potensi sumber daya kawasan pesisir. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Air (SDA) hingga menjadi tempat wisata baru. Kita akan bangun tempat bersantai, wisata kuliner, ruang terbuka hijau, taman Petoaha, dermaga, Jogging Track, dan Kampung Kerang,” kata Sulkarnain.

Sulkarnain mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan kawasan Jembatan Teluk Kendari. Menurutnya, Jembatan sepanjang 1,34 kilometer itu berpotensi menjadi kawasan wisata baru di Kota Kendari. “Ini merupakan impian buat seluruh masyarakat Sultra. Saya kira dengan rampungnya pembangunan jembatan Teluk Kendari ini menambah ikon baru daerah. Saya yakin jika dikelola dengan baik dan profesional maka akan mendatangkan benefit bagi daerah,” kata Sulkarnain.

Politisi PKS ini mengaku sudah menyiapkan berbagai ide untuk memoles kawasan jembatan menjadi destinasi baru. Ia telah menginstruksikan Dinas PUPR, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan untuk membuat desain pengelolaan jembatan yang kemudian akan diajukan ke Pemprov.

“Kalau Dinas PUPR dan Dinas Pariwisata saya inginkan membuat desain agar masyarakat bisa menikmati view teluk dengan sempurna. Mungkin dengan membuat spot view (foto) dibeberapa titik jembatan. Bisa juga ada taman di sisi jembatan atau sisi bawah jembatan, dan masih banyak lagi,” kata Sulkarnain.

“Kalau Dinas Perhubungan bersama Balai Jalan dan Pemprov saya minta mungkin bisa memetakan arah jalan yang baik agar bisa dilalui dengan mudah oleh masyarakat tentu tanpa harus melanggar protokol jalan,” pungkasnya. (b/ags)

Penataan Wilayah dan Infrastruktur
-Tata Kawasan Kota Lama dan Abeli
-Bangun Infrastruktur Pendukung
-Rampung Pengerjaan Proyek Outer Ringroad
-Gagas Kawasan Jembatan Bahteramas Jadi Destinasi Wisata Baru

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy