Sukses Pertahankan Tiga Opini WTP, Samahuddin Raih Penghargaan Kemenkeu – Kendari Pos
Nasional

Sukses Pertahankan Tiga Opini WTP, Samahuddin Raih Penghargaan Kemenkeu


KENDARIPOS.CO.ID — Persembahan prestasi Bupati Buton Tengah (Buteng), H.Samahuddin sukses menuai apresiasi dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Bupati Samahuddin diberi penghargaan oleh Menkeu atas prestasinya mengoleksi tiga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selama menakhodai Buteng, Samahuddin meraih predikat WTP atas LHP LKPD sejak 2018 atas LKPD tahun anggaran 2017, tahun 2019 terkait LKPD tahun anggaran 2018 dan WTP tahun 2020 atas LKPD tahun anggaran 2019.

Penghargaan untuk Bupati Samahuddin dari Menteri Keuangan RI diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, Nazuar di aula KPPN Baubau, Kamis (22/10). Bupati Samahuddin mengapresiasi kinerja aparaturnya sehingga sukses meraih tiga opini WTP.

Samahuddin kian optimistis meraih opini WTP keempat tahun depan atas LKPD tahun anggaran 2020. Keyakinan itu berangkat dari kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Buteng yang begitu masif dan terstruktur. “Saya sangat optimistis bisa meraih opini WTP keempat. Penghargaan dari menteri keuangan atas LKPD tahun 2019 ini semakin membuat saya yakin untuk meraih WTP lagi tahun-tahun yang akan datang,” ujar Bupati Buteng, Samahuddin kepada Kendari Pos, kemarin.

Suami Hj.Jusniar Samahuddin itu menjelaskan opini WTP yang diraih sebagai cerminan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Itu artinya pelaporan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan dan aset daerah telah memenuhi parameter yang disyaratkan atau sesuai aturan yang berlaku.

“Misalnya, kesesuaian dengan standar akuntasi pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan (transparan) kepatuhan terhadap perundang-undang yang berlaku (akuntabel) dan efektivitas dalam sistem pengendalian intern (SPI). Dengan kinerja yang sudah kita lakukan, menjadi bukti apa yang sudah kita raih ini (penghargaan),” ungkap Samahuddin.

Politisi PDIP itu mengapresiasi kinerja aparatur di seluruh OPD Pemkab Buteng. Samahuddin mendedikasikan penghargaan itu untuk aparatur dan masyarakat Buteng. “Penghargaan ini menjadi motivasi bagi OPD untuk bekerja lebih baik lagi sekaligus indikator budaya kerja sama yang baik terbangun di Pemkab Buteng. Insya Allah dengan kerja sama OPD yang baik selama ini, maka kami optimistis opini WTP bisa kita pertahankan tahun depan,” ulas Samahuddin.

Sementara itu, Kepala KPPN Baubau, Nazuar menjelaskan pemberian penghargaan kepada Bupati Buteng Samahuddin sebagai bentuk apresiasi atas kinerjanya dalam mengelola keuangan negara. Selain itu, penghargaan diberikan sebagai komitmen Kemenkeu kepada setiap pemda atas LKPD yang baik. “Capaian ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Karena merupakan indikator bagi tata kelola keuangan dan aset daerah yang baik oleh Pemda,” ujar Nazuar.

Nazuar mengingatkan kepada setiap bupati di Kepulauan Buton bahwa opini WTP bukanlah tujuan akhir. Namun pengelolaan keuangan dan pertanggung jawaban yang menjadi masukan dalam pengelolaan keuangan pada tahun-tahun mendatang. “Pertanggung jawaban yang baik tentu menghasilkan kinerja yang baik,” tutupnya. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy