SMAN 9 Kendari Wakili Sultra di Festival Musikalisasi Puisi Digital Tingkat Nasional – Kendari Pos
Edukasi

SMAN 9 Kendari Wakili Sultra di Festival Musikalisasi Puisi Digital Tingkat Nasional

Kepala SMAN 9 Kendari, Dr. Aslan, M.Pd (ketiga dari kiri) dan guru pembimbing, Rajatin, S.Pd (kedua dari kiri) dan sejumlah peserta festival musikalisasi puisi yang akan mewakili Sultta di tingkat nasional.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses penilaian, SMAN 9 Kendari kembali dipercaya, untuk menjadi perwakilan Sultra dalam Festival Musikalisasi Puisi Digital tingkat nasional tahun 2020.

Kepala SMAN 9 Kendari, Dr. Aslan, M.Pd, menuturkan pihaknya telah melakukan berbagai upaya sehingga bisa menjadi duta Sultra dalam Festival Musikalisasi Puisi Digital.

“Sebagai kepala sekolah baru, pastinya mendengar sekolah kami bisa mewakili Sultra tingkat nasional dalam ajang musikalisasi puisi. Ini adalah bentuk pencapaian yang amat sangat luar biasa yang ditorehkan oleh siswa-siswi kami, sehingga segala bentuk dukungan akan terus diberikan kepada mereka, untuk bisa memberikan yang terbaik,” ungkap Aslan, Rabu (14/10).

Diakuinya, dengan mengikuti ajang tersebut, bisa dijadikan pengalaman serta meningkatkan pengetahuan siswanya sehingga mereka bisa terus mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki. Ini juga menjadi ajang pembuktian bagi siswa.

“Mengikuti lomba tjngkat nasional, pastinya tidak mudah. Untuk itu saya berharap para siswa bisa memberikan yang terbaik dalam festival musikalisasi tingkat nasional, dan bisa menjadi juara itu merupakan harapan kami,” jelasnya.

Disisi lain, guru sekaligus pembimbing peserta, Rajatin, S.Pd., mengungkapkan dalam mengikuti lomba tingkat nasional, harus memiliki persiapan yang amat sangat matang, untuk bisa memberikan sebuah penampilan yang bagus.

“Persiapan yang kami lakukan untuk mengikuti Festival Musikalisasi ini sekitar satu bulan. Dengan melatih ketangkasan mereka dalam bermusik, mulai dari aransemen musiknya, serta hal-hal lainnya. Kami juga melibatkan para alumni untuk melatih adik-adiknya, karena bagaimanapun mereka sudah berpengalaman. Pastinya kami memanfaatkan semua hal untuk bisa memberikan yang terbaik dalam festival musikalisasi, yang dilakukan secara online,” ujarnya.

Dalam keikutsertaan siswa SMAN 9 dalam festival tersebut, tentu ada kriteria khusus yang harus dipenuhi peserta sehingga bisa memenuhi syarat penilaian yang diberikan oleh juri.

“Penilaiannya pasti ada, yang pertama itu adalah interprestasi puisi sekitar 40 persen, kedua harmonisasi 40 persen, dan karena ini berbasis video, sehingga penilaian sekitar 20 persen. Syarat itu tentu kami lebih menekankan pada irama serta aransemen musik yang pastinya itu menyesuaikan dengan isi dari puisi. Pastinya dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, harapan kami setidaknya bisa masuk 10 besar atau bahkan menjadi juara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam lomba ini, puisinya sudah disediakan pihak panitia, setiap peserta wajib membawakan puisi wajib tersebut. Puisi kedua adalah pilihan dari peserta sendiri. Adapun pengumumannya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober mendatang. (m5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy