Skrining Covid-19, Lima ASN Pemkot Kendari Dinyatakan Positif – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Skrining Covid-19, Lima ASN Pemkot Kendari Dinyatakan Positif

KENDARIPOS.CO.ID — Langkah Wali Kota Kendari, Sulkarnain kadir melakukan skrining terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencegah klaster perkantoran cukup tepat. Hari pertama pelaksanaan skrining, lima ASN langsung ketahuan terpapar virus asal Kota Wuhan, Tiongkok.

Suasana pelaksanaan Swab Antingen terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari di pelataran RSUD Kota Kendari, kemarin.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, dr Sukirman mengatakan melakukan swab antigen kepada 250 ASN. Tes swab antigen memiliki akurasinya 99 persen seperti tes PCR. “Sesuai arahan Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir, ASN diminta untuk melakukan Swab antigen. Kita sudah buktikan beberapa orang yang diuji positif. Tapi kami tetap akan melakukan tes PCR nya,” ungkap Sukirman.

Ia meminta seluruh ASN mengikuti swab antigen. Sebab ini bagian dari upaya Pemkot mencegah klaster perkantoran. Saat ini, pihaknya telah membuat jadwal seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Kita rencanakan sebulan, tiap hari 250 orang semua dinas tanpa terkecuali. Kalau ada yang menolak, maka dia harus membuat surat pernyataan di depan bu Sekretaris Daerah (Sekda),” bebernya.

Jika hasil tesnya positif tapi tanpa gejala sambungnya, akan dilakukan isolasi mandiri dirumah minimal 14 hari. Namun jika disertai dengan gejala, maka akan dilakukan perawatan intensif di pusat isolasi covid-19 yang telah ditentukan pemerintah berdasarakan Permenkes nomor 5 tahun 2020.

“Seperti yang tes perdana (kemarin) itu mereka tanpa gejala, dan mereka kita minta isolasi di rumah untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas,” kata Sukirman.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan skrining massal dilakukan untuk menemukan kasus (Covid-19) lebih cepat. Pasalnya, kasus terkonfirmasi positif dari ASN dalam sepekan terakhir terus bertambah. “Skrining massal ini bertujuan mencegah orang-orang yang terinfeksi agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat terutama bagi mereka yang ada di kluster perkantoran. Secepat mungkin akan kita lakukan. Jika ada yang terkonfirmasi positif, tentu harus melaksanakan isolasi,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy